hari ini :

Home » Uncategorized » Dede Mariana, Guru Besar Unpad – Selamat Jalan Prof. Bakti & Karyamu, Kami Teladani

Dede Mariana, Guru Besar Unpad – Selamat Jalan Prof. Bakti & Karyamu, Kami Teladani

photo credit: Almarhum Prof. Dede Mariana / dok. Kominfo Jabar

EDUPUBLIK, Bandung –  Kabar duka kembali hadir tak terkira  dari Universitas Padjadjaran. Pada Jumat sore sekitar pukul 18.45 WIB (22/12/217), salah satu putra terbaiknya, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad Prof. Dr. Dede Mariana, drs., M.S., meninggal dunia pada usia 54 tahun di RS. Hasan Sadikin Bandung.

Almarhum Prof. Dede Mariana selama ini dikenal luas sebagai guru besar lulusan program studi Ilmu Pemerintahan FISIP Unpad. Ia memiliki kepakaran di bidang Politik Lokal. Kiprahnya sebagai akademisi dan budayawan Jawa Barat selama ini tidak diragukan. Almarhum juga aktif menulis di berbagai surat kabar, serta mengisi seminar  maupun loka karya di berbagai kesempatan.

Khisis di kalangan pegiat media massa, almarhum dikenal sebagai nara sumber handal, serta relatif kapan pun mudah dihubungi. Opininya yang cukup komprehensif, tajam maupun mendalam dari sebuah fenomena masyarakat yang sedang terjadi. Diketahui opini semacam ini kerap dinanti oleh banyak kalangan, demi mendudukan sebuah permasalahn secara proporsional.

Kiprah paling akhir,  Prof. Dede Mariana dipercaya sebagai ketua tim Aliansi Strategis Unpad (ASUP) Jawa Barat. Ini merupakan salah satu program yang dilakukan Unpad, bertujuan  untuk meningkatkan pengembangan wilayah dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Almarhum disemayamkan di rumah duka, Jalan Basuki No. 29, Kiara Condong, Bandung, dan direncanakan akan dimakamkan di pemakaman keluarga besok, Sabtu (23/12/2017). [HS].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares