hari ini :

Home » Politics » Jalan Berliku Partai Berkarya Memanen Status ‘MS’ dari Verifikasi Faktual KPU

Jalan Berliku Partai Berkarya Memanen Status ‘MS’ dari Verifikasi Faktual KPU

photo credit: Deni Ketua DPD Partai Berkarya Kab. Tasikmalaya / dok. Ozenk

EDUPUBLIK, Bandung – lika-liku hingga guncangan besar ke partai baru besutan Tommy Soeharto menurut Edy Subagja, Ketua DPD Partai Berkarya Kab. Sumedang, tergambar jelas:”Utamanya, saat 14 Desember 2017 langsung merebak berita verifikasi ke partai ini katanya tak lolos, dari segi dokumen administrasi calon peserta Pemilu 2019. Akhirnya berkat mediasi Bawaslu, beberapa hari kemudian bisa melaju ke tahap verifikasi lanjutan.”

Namun guncangan lain masih menurut Edi yang ditemani rekannya Rudi Rahayu, Sekertaris DPD Kota Bandung kala ditemui sedang berbincang di kediaman Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa, Pasir Impun Kabupaten Bandung (4/1/2018):”Pada 1 Januari 2018 muncul lagi kabar partai ini terganjal. Tak lolos verifikasi faktual. Penyebabnya, Bendahara Umum DPP Partai tidak ada di tempat karena sakit” jelas Rudi dengan wajah sedikit nelangsa.

Susulan lain, dua hari kemudiaan ternyata muncul berita gembira:“Tanggal 3 Januari 2018, setelah KPU dan Bawaslu hadir di RS Abdi Waluyo Menteng Jakpus, meninjau ke lapangan. DPP Partai ini dinyatakan lolos verifikasi faktual. Tinggal yang di DPW dan DPD seluruh Indonesia, bagaimana?” tambah Rudi Rahayu yang punya sapaan khas “Rudi Rambo” sambil diiyakan rekannya Edi, kali ini wajah Edi tak begitu nelangsa – ada secercah harapan, tampaknya.

Panen “MS” itu

Boleh dikata arah nasib Partai Berkarya yang lahir “seumur jagung” sejak 15 Juli 2016, kali ini menampakkan fenomena baru dari pantauan Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar dan jajarannya.

”Sampai hari ini (5/1/2018) ada 19 dari 26 DPD Partai Berkarya di Jawa Barat yang telah memperoleh status ‘MS’ (memenuhi syarat), dari verifikasi factual KPU. Ini menggembirakan,” terang Eka sembari mengingatkan –“Sejatinya, masih banyak tantangan yang akan dihadapi di masa depan. Ini partai baru, wajarlah banyak penjegalan dalam perjalanannya. Namanya juga politik …”

Berdasarkan pantauan redaksi hingga Jumat sore 5 Januari 2018, ada 19 DPD Partai Berkarya yang lolos verifikasi faktual KPU, di antaranya: 1. Kota Bandung 2. Kabupaten Tasikmalaya 3. Kabupaten Pangandaran 4. Kabupaten Indramayu 5. Kota Cirebon 6. Kota Sukabumi 7. Kota Bogor 8 Kabupaten Purwakarta 9. Kabupaten Sumedang 10. Kota Depok 11. Kabupaten Karawang 12. Kabupaten Ciamis 13. Kabupaten Kuningan 14. Kabupaten Garut 15 Kota Sukabumi 16. Kabupaten Cirebon 17. Kabupaten Bogor 18. Kabupaten Bandung Barat, dan 19 Kabupaten Bandung.

“Delapan belas DPD yang lolos ini sudah melebihi target minimal dari 27 DPD, minus Kota Cimahi. Bolehlah ini disebut panen MS (memenuhi syarat) bagi Partai Berkarya Jabar hari ini,” terang Eka yang mengingatkan betapa sulit sebenarnya membangun DPD di Jabar –“Beberapa di antaranya, banyak yang tiba-tiba eksis hanya 2 minggu sebelum verifikasi adinistrasi. Utamanya di Priangan Timur.”

DPW se-Nusantara, Bagaimana?

Nah, untuk tingkat DPW se Indonesia, menurut kabar dari TjeTjep Saefulloh, Sang Pemantau berita up date di Alam Santosa (Pasir Impun):”Ada 25 DPW dari 34 yang ada. Yang 25 ini telah memenuhi predikat ‘MS’ alias memenuhi syarat. Ya, termasuk DPW Partai Berkarya Jabar.”

Secara terpisah hari itu redaksi mengontak Ketua Umum Partai Berkarya, Neneng A Tutty di Jakarta, menurutnya:”Berkat dorongan dari kader partai di Indonesia, arah menuju lolosnya verifikasi faktual, mulai terlihat. Tentu, disana-sini masih ada kekurangan. Karena kita kompak dan bersatu, yakin bisa diperbaiki bersama,” ujarnya sambil mengatakan di sampingnya kala di telepon ada Sekjen partainya Badarudin Andi Picunang –“Ya, terima kasih juga ini dari Pak Sekjen. Mari kita jaga kekompakan yang sudah baik ini. Jalannya masih panjang …dan berliku…”

Lagi, Panen ‘MS’

Kembali ke Rekaman sukacita kader Partai Berkarya Jabar, masih dalam konteks verifikasi faktual. Di sini ada beberapa cuplikan. Ambil contoh laporan dari DPD Kabupaten Tasikmalaya. Menurut Ketua DPD Partai Berkarya Kab. Tasikmalaya, Deni Tudirahayu yang biasa disapa Ozenk: “Spontan, segenap kader menyambut proses verfak (verifikasi faktual) dengan sesuatu yang berbeda, unik, dan berkesan.”

photo credit: verifikasi factual DPD Partai Berkarya Kab. Tasikmalaya / dok. Ozenk

Tiada lain yang dimaksud proses verfak di Kab. Tasikmalaya (4/1/2018), tatkala Ketua KPU setempat H Deden Nurul Hidayat, dan rombongan terdiri atas Ketua Panwaslu Kab. Tasikmalaya, Dodi Juanda, penataan di area sekertariat yang luasnya sekitar 1 hektare milik Eka Santosa di Jl. Raya Pemda Desa Singasari Kecamatan Singaparna Kab, Tasikmalaya, disambut meriah bak tamu istimewa.

“Ini yang bikin orang berduyun-duyun datang ke loksai di seberang Kantor Pemkab Tasikmalaya. Lebih dari 100 orang hadir di tempat kami. Ada kader partai, ada juga masyarakat umum. Karena tempat kami memang semarak hari itu, ada tenda segala,” tutur Ozenk yang sedari dulu memang sudah sohor dengan ke-eksentrikannya sebagai seniman perkusi yang bertahun-tahun telah melanglang buana.

photo credit: verifikasi factual DPD Partai Berkarya Depok / dok. Acep

Sukacita lain alias panen ‘MS’ diperoleh kabar gembira dari Ketua DPD Kota Depok H Acep. Tak pelak pernak-pernik kepartaian, termasuk gelas cantik, dibagi-bagikan ke segenap pengunjung yang datang ke kantor partai. “Ini tanda kami memang suka cita dengan status MS itu. Semoga ini bisa tertular ke seluruh pelosok Nusantara, partai kami lolos verfak seutuhnya,” kata H Acep dengam nada suara berseri-seri.

Indramayu & Pangandaran

Terbyata ada sukacita lain, datangnya dari Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Indramayu, Tati Suhartati:”Hari ini sudah diselesaikan lebih dulu verfak keanggotaan di DPC. Ada 129 orang dari 1290 KTA telah dapat MS, memenuhi kuota per 10 % dari jumlah itu,” ujarnya sambil mengutarakan –“Untuk verfak DPD Partai Berkarya Kab. Indramayu, baru akan dilakukan 6 Januari 2018. Ya besok. Yakin kami dapat MS, karena semua sudah lengkap.”

photo credit: verifikasi factual DPC Partai Berkarya Kec. Cikedung Kab. Indramayu / dok. Hendri

Seturut kemudian datang kabar gembira dari DPD Kabupaten Pangandaran yang dikomandoi Roni Priatna:”Kami juga dapat MS dari KPU hari ini (4/12/217). Mohon diketahui kami ini kabupaten Si Bungsu di Jabar. Berhasrat besar ikut Pemilu 2019″.

photo credit: verifikasi factual DPD Partai Berkarya Kab. Pangandaran / dok. Roni

Alhasil, perjuangan kader Partai Berkarya, ternyata harus diraih dengan penuh perjuangan.”Kami yang ada di Jawa Barat dengan infrastruktur relatif lengkap, mendorong semoga rekan-rekan di Indonesia Timur, dengan segala keterbatasannya mampu menuntaskan verfak kali ini, juga panen MS” kata Khanti Isyana Dewi, Sekertaris DPD Partai Berkarya Kota Bandung yang sehari-hari akrab disapa Nonoy.

photo credit: verifikasi factual DPD Partai Berkarya Kota Bandung / dok. Akbar

Nah, itulah jawaban sekilas yang sekaligus doa memotivasi rekan separtainya di Indonesia Timur dari rekan separtai di Indonesia Barat kala ditanya kepada Nonoy saat ditemui sedang berada di Alam Santosa -“Adakah motivasi khusus bagi rekan-rekan Anda di Indonesia Timur, bukakah jalannya baru partai baru ini amat panjang dan berliku?” [HS].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares