hari ini :

Home » Politics » Cawagub Jabar Anton Charliyan Temui Eka Santosa – Bahas Masa Depan Jabar & Kedalaman Adat Budaya

Cawagub Jabar Anton Charliyan Temui Eka Santosa – Bahas Masa Depan Jabar & Kedalaman Adat Budaya

photo credit: Anton Charliyan dan Eka Santosa / dok. Akbar

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Ketua Umum DPP Gerakan Hejo yang juga Ketua Forum DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum, serta Sekjen BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jabar, Eka Santosa, ditemui di Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa (17/1/2018), terkait maraknya perhatian pada nasib sungai Citarum (297 km) sebagai salah satu sungai terkotor sedunia, kembali angkat bicara.

“Lakukan langkah terpadu. Pidanakan tuh perusak lingkungan! Pabrik-pabrik besar di sana, saya tahu buang limbah, IPAl-nya bodong. Mereka dibeking orang kuat, katanya. Mentok kalau mereka tak dibabat!,” begitu ujarnya disela-sela hari itu ia menerima kehadiran calon wakil gubernur Jawa Barat Anton Charliyan di Alam Santosa.

Menyinggung kehadiran Anton yang cukup mencengangkan di hadapan representasi elemen masyarakat di Alam Santosa:”Beliau itu punya kedalaman di bidang penyelamatan eksistensi masyarakat adat, lingkungan, seni dan budaya, serta ketahanan pangan dan ekonomi kerakyatan. Ini selaras dengan visi dan misi gerakan kami.”

Sementara Anton sendiri, yang datang sore itu sebagai kunjungan rintisan, sebelum nantinya hadir bersama pasangannya calon gubernur Jabar, TB Hasanudin ke Alam Santosa, tampak percaya diri.

“Saya dapat amanat untuk hadir di sini. Untuk penyelamatan lingkungan, salah satunya nasib sungai Citarum harus segera kita perbaiki,” tuturnya sambil menyebutkan Sang Pemberi Amanah itu tak lain sesepuh Jabar Solihin GP – Kata Mang Ihin (Solihin GP), harus berkunjung ke Kang Eka Santosa yang sudah lama saya kenal.”

Serap Aspirasi

Cukup menarik dalam kesempatan ini Anton sempat berdialog akrab dengan elemen warga Jabar dari F DAS Citarum, Gerakan Hejo, dan BOMA Jabar. Masing-masing perwakilan mempertanyakan program menurut visinya masing-masing.

“Sangat bermanfaat di pertemuan ini, saya menyerap aspirasi. Idenya sangat bagus untuk membangun Jabar,” paparnya sambil menyelipkan beberapa kali gaya humor ala warga Sunda. Tak pelak selama dialog ini banyak memunculkan cadaan ala warga Sunda.

“Ini calon gubernur yang kami mau, tak bikin tegang jadinya. Soal yang serius dibahas dengan ringan dan cerdas,” celetuk Ayang, perwakilan pengurus Gerakan Hejo dari Kab. Tasikmalaya. [HS].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares