hari ini :

Home » Ragam » PT WIS Akan Gunakan Alat Baru Pengolah Limbah

PT WIS Akan Gunakan Alat Baru Pengolah Limbah

photo credit: instalasi pengolahan limbah menggunakan sistem IPAL kimia, fisika dan biologi PT. WIS / dok. Akbar

EDUPUBLIK, Kabupaten Bandung -Masalah lingkungan yang sedang marak di perbincangkan utamanya adalah tentang kebersihan Sungai Citarum sebagai sungai yang merupakan urat nadi kehidupan masyarakat khususnya di Jawa Barat, kini sedang disikapi serius oleh pemerintah secara terpadu dengan melibatkan langsung unsur dari TNI dan Polri setelah dicanangkannya program Citarum Harum.

Sebagai bentuk ikut serta mendukung program pemerintah dalam membenahi Sungai Citarum, perusahaan produk textile PT Warna Indah Samajaya (PT WIS) yang berlokasi di Bale Kambang Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung akan mendatangkan dan gunakan alat baru pengolah limbah dengan tujuan agar hasilnya lebih baik.

Hal tersebut dijelaskan oleh Tato Virgiyanto selaku HRD PT WIS dan juru bicaranya Jamaludin Mansur kepada awak media di ruang tamu kantornya, Jumat (9/1/2018).

“Perusahaan sudah kooperatif dengan membangun instalasi pengolahan limbah menggunakan sistem IPAL kimia, fisika dan biologi. Kini kami berinisiatif akan mendatangkan peralatan terbaru agar hasil pengolahan limbah itu bisa lebih optimal,” terang Jamaludin atau yang biasa disapa Jamal.

“Kami selaku perusahaan senantiasa mendukung pemerintah terkait dengan limbah di program Citarum Harum, kami menyadari bahwa kami harus berperan serta aktif ikut menjaga lingkungan sungai,” kata Jamal.

Untuk itu, diakui oleh Tato dan juga Jamal sebagai pelaku usaha, bahwa pihaknya masih mencari formula terbaik untuk output yang selaras dengan keinginan dari peraturan dan perundangan yang ada, “Kami tentunya ikut dengan peraturan dan perundangan, untuk itu kami mencoba dan berkeinginan memperbaiki kualitas hasil pengolahan hasil limbah kami agar hasilnya bisa terus lebih bagus, karena peraturan itu dibuat untuk kebaikan bersama,” ucap Jamal.

Pada kesempatan tersebut, Tato berharap selagi progress berjalan ada pembinaan dan pendampingan dari pemerintah, “Kita berharap selagi progress perbaikan tersebut ada pengawasan, pendampingan dan pembinaan dari pemerintah, terlebih bagi operator limbah yang bisa disertifikasi,” harap Tato. Saat ini proses pengolahan limbah dilakukan dengan bantuan dari konsultan.

Menyinggung sidak dan pemanggilan yang selama ini dilakukan oleh Polres dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung terkait dengan pengolahan limbah di PT WIS, Tato tidak berkomentar banyak, “Yang jelas kami sedang progress di perbaikan kualitas limbah,” ujarnya.

PT WIS sendiri sudah beroperasi sejak tahun 1993, dengan mempekerjakan banyak karyawan. Saat ini seperti yang dikatakan oleh Jamal, pihaknya sedang konsentrasi di hasil limbah dan perpanjangan perijinan, “silahkan jika bapak dan ibu mempunyai referensi yang ahli pengolahan limbah, bisa berkomunikasi dengan pimpinan perusahaan kami,” jelas Jamal dengan runtun. [St/SA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares