hari ini :

Home » Militer » Kogartap II/Bandung & The Lodge Maribaya Pulihkan “Longsoran” Blok Gunung Masigit Desa Cibodas   

Kogartap II/Bandung & The Lodge Maribaya Pulihkan “Longsoran” Blok Gunung Masigit Desa Cibodas   

photo credit: Penandatanganan prasasti perbaikan longsor jalan Maribaya – Cibodas Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat oleh (ki-ka) Heni Smith direktur The Lodge Maribaya, Dadang Ruswandi mewakili Pemkab Bandung Barat, Marsma TNI Taspin Hasan S.AP Kasgartap ll Bandung / dok. Akbar

EDUPUBLIK, KBB – Kasgartap II/Bandung, Marsma TNI Taspin Hasan S.AP di lapangan parkir The Lodge Maribaya Cibodas, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada Kamis 19 April 2018 meresmikan penutupan Karya Bakti TNI di Cibodas.“Bersyukur hari ini longsoran, tepatnya di blok Gunung Masigit, setelah lima bulan lalu kita garap bersama warga, kita resmikan hari ini,

Hadir mewakili KBB di antaranya Dadang Ruswandi, Bidang Aset Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD), serta tuan rumah Direktur The Lodge Maribaya, Heni Smith.

photo credit: Heni Smith direktur The Lodge Maribaya, Dadang Ruswandi mewakili Pemkab Bandung Barat, dan Marsma TNI Taspin Hasan S.AP Kasgartap ll Bandung meninjau hasil kegiatan Karya Bakti / dok. Akbar

Sambutan khusus dari Kasgartap II/Bandung ini mendapat applaus dari warga setempat, terutama ketika ia menghimbau warga untuk menjaga hasil perbaikan sarana transportasi ini. “Mohon dijaga ya, apa yang telah kita kerjakan bersama. Ini vital untuk sarana transportasi di dan ke daerah ini. Kita tahu daerah ini telah  menjadi daerah tujuan wisata di KBB.”

Kerjasama TNI & Warga Cibodas  

Secara terpisah Dadang Ruswandi usai upacara penutupan, mengungkapkan rasa terima kasih ke warga Cibodas yang bahu-membahu bersama TNI menuntaskan program Karya Bakti:”Bila tanpa bantuan khusus dari TNI dalam hal ini Kogartap II/Bandung, akan memakan waktu yang lama perbaikannya. Sumbangsih TNI kali ini sangat dirasakan manfaatnya oleh kita.”

Heni Smith sendiri mengapresiasi pendapat Dadang Ruswandi dan Kasgartap II/Bandung. Ini terucap lebih jauh tatkala  secara bersama-sama meninjau lokasi Blok Gunung Masigit yang sudah kini lancar pulih, bisa dilalui aneka kendaraan.

Sejenak ke Desa Sunten Jaya  

Menariknya, dalam kunjungan Kasgartap II/ Bandung, disela-sela sebelum ke Blok Masigit, menghadiri syukuran hari lahir Desa Sunten Jaya Kecamatan Lembang KBB yang ke-39. Saat itu tampak ratusan warga Desa Sunten Jaya menyambutnya dengan gembira. Kepala Desa, Asep Wahyono yang biasa disapa Asep Kobra, tak putus-putusnya mengucapkan terima kasih atas kunjungan ini.

“Rasanya, baru kali ini ada pejabat militer yang hadir ke daerah kami. Semoga tali asih yang baik ini selalu terjalin baik di masa datang.”
Sementara Kasgartap II/Bandung ketika meninjau lokasi di Blok Masigit menyatakan sangat terkesan oleh penyambutan tetangga Desa Cibodas yakni Desa Sunten Jaya:“Penyambutannya tampak tulus, itu sangat menyentuh kami. Mereka masih kuat melakukan perayaan dengan cara tradisional Sunda. Saya apresiasi, ini merupakan local wisdom yang harus dipelihara.”

Menurut Andre yang sehari-hari menangani urusan pemeliharaan bangunan dan sarana di lingkungan The Lodge Group, pemulihan Blok Masigit ini memiliki konstruksi khusus.

photo credit: pada saat pengerjaan kontruksi Longsoran akses jalan Blok Gunung Masigit Desa Cibodas Lembang / dok. Ist

“Kami pasang bore pile single. Ada besi ukuran 16 mm, pun 36 batang per hole. Semua jadi ada 56 hole. Bila dikerjakan secara biasa, mahal dan lama. Karena ada TNI yang karya bakti dengan warga setempat, pemulihan longsoran ini lebih cepat, dan efektip. Biaya pun relatif murah.”

Menurut salah satu pengurus Forum RW Cibodas, Undang Shaepul  yang ditemui seusai upacara penutupan, Karya Bakti TNI ini sangat besar manfaatnya bagi warga Cibodas. “Kami ucapkan terima kasih kepada bapak-bapak TNI.”  [HS/SA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares