hari ini :

Home » Lingkungan » Mayjen Besar Harto Karyawan Inspeksi Cisanti dan Menyusuri Sungai Citarum

Mayjen Besar Harto Karyawan Inspeksi Cisanti dan Menyusuri Sungai Citarum

photo credit: / Mayjen Besar Harto Karyawan Pangdam III Siliwangi / dok. Akbar

Edupublik, Bandung – Mayjen Besar Harto Karyawan melakukan inspeksi langsung ke Cisanti dan menyusuri hulu sungai Citarum tersebut pada hari Selasa (08/05/2018). Berkaitan dengan kegiatan tersebut, Mayjen Besar Harto Karyawan mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini dalam rangka mengecek secara fisik di lapangan kondisi sungai Citarum terakhir dari upaya-upaya yang telah dilakukan oleh masing-masing dansektor .

“Saya rasa ini telah mengalami kemajuan pesat dalam waktu 3 bulan kita sudah dapat mengangkat sampah-sampah secara clear. Mulai dari hulu sungai, anak sungai, cucu sungai, cicit sungai hingga sampai buyut sungai,” papar Pangdam.

Pangdam juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat yang secara sukarela turut mendukung program Citarum Harum ini. “Peran serta masyarakat dengan adanya apa yang saya sampaikan bahwa sungai menjadi serambi depan rumah telah memberikan kesadaran kepada masyarakat yang secara ikhlas dan sadar membongkar sendiri rumah dan bidak-bidak mereka yang berada di sepanjang bantaran sungai. Dan ini maerupakan peran serta masyarakat yang sangat luar biasa dalam rangka mensukseskan program Citarum,” ujar Pangdam.

Pangdam sangat berharap kesadaran ini terus kita sebarluaskan kepada masyarakat, untuk bisa menciptakan lingkungan kita yang bersih, tertib dan rapih serta indah, satu hal lain yang menjadi harapan Pangdam adalah peran dari para pelaku industri dimana masih ditemukan para pelaku industri yang membuang limbah tanpa proses yang baik.

“Yang ketahuan akan kita tindak lanjuti melalui jalur hukum dimana Kapolda sebagai Wadan Satgas Penindakan Hukum bisa menindaklanjuti secara tegas kepada pelaku-pelaku ini agar ada efek jera ,” tegas Pangdam.

“Kelak akan tumbuh bunga flamboyant bermekaran di bantaran sungai Citarum,” harapan Mayjen TNI Besar Harto Karyawan selaku Pangdam III Siliwangi saat selesai melakukan makan siang dan pertemuan dengan beberapa pejabat Kodam II Siliwangi lainnya di Majalaya Kabupaten Bandung.[SA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares