hari ini :

Home » Politics » Eka Santosa Dorong Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres – Malah, Menjadi RI Pun Siap

Eka Santosa Dorong Susi Pudjiastuti Jadi Cawapres – Malah, Menjadi RI Pun Siap

EDUPUBLIK, Pasir Impun Kab. Bandung  – Boleh dikata ini bisa disebut kejutan dalam situasi ‘musim pencapresan’ di tingkat nasional. Datangnya, dari Kawasan Eko Wisata dan Budaya Alam Santosa di Pasir Impun Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung. Tepatnya, ini kediaman Eka Santosa, mantan Ketua DPRD Jabar dan Ketua Konisi III DPR RI (2004 – 2009).

Tercatat Eka Santosa kini sebagai Ketua DPW Partai Berkarya, Ketua Umum Forum DAS (Daerah Aliran Sungai Citarum), Sekjen BOMA (Baresan Olot Masyarakat Adat) Jabar, dan Ketua Umum DPP Gerakan Hejo. Minggu siang, 29 Juli 2018 ditengah-tengah perayaan hari ulang tahunnya yang ke-59 di Alam Santosa Eka secara terbuka mendorong sahabatnya sejak 1982 di Pangandaran, Jawa Barat Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti:

“Saatnya, dengan pertimbangan Jawa Barat yang punya pemilih sedikitnya 32 juta suara. Ini terbesar di Indonesia, tak salah jika mendukung Ibu Susi Pudjiastuti sebagai representasi warga Jabar dicalonkan menjadi calon wakil presiden RI periode 2019 – 2024. Kenapa tidak, ini kita dorong?! kata Eka dalam sambutan perayaan ulang tahunnya yang ke-59, yang seketika mendapat applaus dari segenap hadirin.

Masih dalam sambutan perayaan ulang tahunnya, Eka menuturkan secara runtut, kontak pribadinya yang semakin kerap dengan Susi Pudjiastuti. “Hingga tadi malam (28/7/2018) malah hingga dini hari beliau mulai dari Yogyakarta hingga mendarat di Jakarta, kami berdiskusi secara intensif soal pencalonan ini. Malah, menjadi RI 1 pun siap.”

Disinggung kaitannya kedudukan Eka kini selaku Ketua DPW Partai Berkarya:”Saya sadar, jadi ini saya sebut mumpung belum ada keputusan dari Ketua Umum Partai Barkarya Bung Tommy Soeharto. Mengapa tidak, saya ajukan ini. Kalau perlu keduanya dalam waktu dekat akan dipertemukan. Lampu hijau untuk mepertemukan ini sudah dapat sinyal dari Sekjen Partai Berkarya Priyo Budi Santoso.”

Sekolah Alam Santosa

Selesai sambutan Eka yang cukup rinci tentang niatan mendorong pencalonan Cawapres Susi Pudjiastuti, ia meluncurkan pendirian Yayasan Alam Santosa:”Program yang pertama dilakukan adalah Sekolah Alam dari tingkat TK dan SD tahun ajaran 2019/2020. Silahkan bagi siapa pun yang berminat terlibat, mendaftarkan diri ke Manager Alam Santosa saudara Dadan.”

Uniknya, dalam perayaan ulang tahun yang berlangsung bersahaja, Eka sempat membuka diskusi atas pencalonan Susi Pudjiastuti sebagai cawapres.

“Kami mendukung usulan Kang Eka, saatnya warga Jabar memiliki pemandu utama di tingkat nasional. Seingat kita hanya setingkat Wakil Presiden Umar Wirahadikusumah yang berasal dari Jawa Barat, itu pun pada era Presiden Soeharto dulu,”, papar Yan Rizal Usman, salah satu  pengurus di DPP Gerakan Hejo.

Menurut Muhamad Husen, masih dari Gerakan Hejo, usulan Ibu Susi Pudjiastuti sangatlah tepat dilontarkan.”Jawa Barat sebagai pemilih terbanyak di tingkat nasional, saatnya kini berbicara di tingkat nasional.” (Hadi Lesmana)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares