hari ini :

Home » Edukasi » Festival Sungai di Sektor 7 Citarum Harum Kolaborasi Mahasiswa Dan Warga

Festival Sungai di Sektor 7 Citarum Harum Kolaborasi Mahasiswa Dan Warga

 

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Mahasiswa UGM Sektor 7 Satgas Citarum menggelar Festival Sungai di bantaran Citarum desa Bojong Asih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Minggu (5/8). Festival Sungai akan menampilkan kolaborasi antara mahasiswa dan warga desa dalam mensosialisasikan pentingnya menjaga sungai dan kesehatan warga bantaran sungai.

“Tujuan digelarnya festival ini untuk kembali meningkatkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga sungai, selain itu sebagai refleksi program KKN tematik mahasiswa selama 6 minggu di desa Dayeuhkolot,” ujar Muhammad Ragil, Koordinator Festival Sungai.

Kolaborasi yang disuguhkan oleh mahasiswa dan warga diantaranya, pameran produk hasil karya mahasiswa selama KKN yang memiliki nilai manfaat bagi warga bantaran sungai, “ada 8 produk yang kami tampilkan di festival ini, seluruh produk sudah kami sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, jadi masyarakat nanti bisa membuat sendiri,” ungkap Ragil.

Sementara warga, kata Ragil, akan menampilkan pertunjukkan seni budaya diantaranya pencak silat dan Jaipong. “Selain itu akan ada pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, juga penanaman bibit pohon mangga dan sirsak sebanyak 200 batang di sepanjang bantaran sungai,” jelas Ragil.

Komandan Sektor 7, Kol Kav Purwadi berharap dengan adanya kegiatan festival sungai yang digelar mahasiswa bisa lebih meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga lingkungan khususnya aliran sungai. Tak hanya itu, dengan adanya festival ini dapat menunjukkan bahwa ada hal yang bernilai manfaat dan juga hiburan bagi warga bantaran.

“Semoga mahasiswa memetik sesuatu selama masa KKN dan dapat menularkan ilmu kepada masyarakat, dan masyarakat bisa menerapkan ilmu yang didapat dari mahasiswa, berupa produk yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari,” katanya.[cy]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares