hari ini :

Home » Pemerintahan » Mimpi Ridwan Kamil selain ‘Ngabret’ – Hape Buatan Sendiri, Pemekaran Wilayah, dan Bersihkan Sungai Citarum

Mimpi Ridwan Kamil selain ‘Ngabret’ – Hape Buatan Sendiri, Pemekaran Wilayah, dan Bersihkan Sungai Citarum

EDUPUBLIK, Bandung  – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam pidato pertama seusai sertijab dari Penjabat Gubernur Jabar Mochamad Iriawan di halaman Gedung Sate (6/9/2018), Jalan Diponegoro Bandung, sempat mengungkapkan angan-angan dari Tanah Pasundan. Gerangan apa yang diimpikannya?

“Tidak perlu yang aneh-aneh. Cukup hape buatan Jabar.Pirage (masa sih) HP masa enggak bisa?,” kata Ridwan Kamil  yang disambut ribuan pengunjung mengapresiasi mimpinya.

Tak lain keinginan tersebut diutarakan mengingat dalam perjalanannya ke beberapa negara, betapa warganya begitu fanatik akan penggunaan produk dalam negeri mereka. Ini dicontohkan ketika mengunjungi negeri Jerman, Korea Selatan, Jepang, dan China.

Selain hape buatan sendiri, juga menginginkan sungai Citarum kembali bersih. Caranya, pindahklan sebagian besar pabrik ke Majalengka:”Tentu harus ada perencanaan matang untuk hal in. Nanti kita upayakan.”

Soal Sungai Citarum yang diperihatinkan adalah keterkenalannya bukan karena sesuatu yang baik:”Citarum terkenal karena notorious (bhs. Inggris) yang dekat dengan unsur negartif-nya. Ini kebalikan dari kata fame atau famous, terkenal karena unsur positif-nya.”

Berajank sambutan Ridwan Kamil ke jomplangnya pembangunan di Jabar Selatan saat ini, ia katakana:”Masih banyak tanah luas terlantar di sana. Ini harus dicari solusinya, utamanya untuk mensejahterakan warga setempat.”

Salah satu solusi untuk Jabar Selatan di antaranya segera dilakukan pemekaran wilayah baik di Jabar Tengah, maupun di Jabar Utara. “Tujuannya, agar rentang kendali dan pelayanan masyarakat bisa ditangani lebih efesien.”

Ditelisik atas tiga angan-angan Ridwan Kamil, menurut Eka Santosa, Ketua DPW Partai Berkarya Jabar:”Semua ini hal yang wajar. Masa 48 juta populasi Jabar tak bisa hasilkan hape sendiri? Pemekaran wilayah merupakan sebuah keniscayaan, pun soal Sungai Citarum bersih memanglah harus segera ditindaklanjuti dengan seksama. Saya percaya, semua bisa terwujud, asal kita kompak.”

Perihal tiga hal yang diangankan Ridwan Kamil, kembali ditanyakan kepada Irvan Helmi Khadafi, Ketua DPD Partai Berkarya Kabupaten Cianjur yang didampingi rekannya Dira Devara Putra dan Fajar Anurahman:

”Yakinlah hal-hal yang bersifat mendasar ini bisa tercapai, selama kita ini kompak dan perencanaannya matang serta konsisten diterapkan di lapangan.”

Sementara itu menurut Deni ‘Ozenk’ Tudirahayu yang menyertai Irvan, menanggapi tiga angan-angan Ridwan Kamil di atas mengapresiasi atas niatannya yang tak terbilang muluk-muluk:

”Ini impian yang realistis, sejauh kita sama-sama turut mendukung dan mengimplementasikannya di lapangan.”

Lalu bagaimana soal ‘ngabret’ yang kembali didengungkan Ridwan Kamil seusai sertijab di Gedung Sate? “Ya, dalam seminggu pertama saya akan kunjungi semua kalangan dan elemen masyarakat di Jabar. Insya Allah kita akan petakan semua permaslahan lebih realistis. Intinya, kita sejahterakan warga Jabar,” sambutnya.  (HS/SA).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares