hari ini :

Home » Lingkungan » Agenda Koramil Cicurug Dan GPS Tinjau Sampah di Kali Cicatih

Agenda Koramil Cicurug Dan GPS Tinjau Sampah di Kali Cicatih


EDUPUBLIK, Kab Sukabumi
Dalam rangka menyambut Hari Jadi Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke-73 jajaran Komando Rayon Militer (Koramil) 0713 Cicurug berencana menggelar kegiatan bersih – bersih lingkungan salah satunya sterilisasi sampah sepanjang aliran Sungai Cicatih, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

“Kami akan mengajak semua pihak mulai dari Pengusaha, Muspika, Warga Masyarakat serta komunitas Pecinta Lingkungan untuk kembali melakukan bersih – bersih sungai sepanjang Kali Cicatih yang rencananya akan di lakukan di Bulan Oktober,” ungkap Danramil 0713 Cicurug Kapten Infantri Dadang Hasbillah kepada Cekupdate com saat melakukan peninjauan sampah di Kali Cicatih. Rabu (26/09/2018).

Menurutnya, kegiatan bersih sungai tersebut biasanya rutin dilakukan setiap tahun menjelang Bulan Suci Ramadhan melalui program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM).

“Meskipun kegiatan tersebut sudah menjadi agenda rutin, Namun kali ini kami kembali mengajak dalam rangka menyambut Hari Jadi TNI ke-73 dan rencananya bersih sungai ini juga akan di bantu dari Komunitas Jurnalis yang tergabung di Gabungan Pers Sukabumi (GPS) serta Majlis Pemuda Gaul Tapi Sholeh (Gapleh) yang di ketuai oleh Ustad Abi Asgun,” tuturnya.

Selanjutnya Pria Kelahiran Sunda tersebut menambahkan bahwa, rencananya kegiatan bersih sungai ini dilakukan sepanjang kurang lebih Satu Kilo Meter. “Untuk sementara rencananya akan dilakukan kurang lebih sekitar Satu Kilo, mulai dari Kampung Cicatih hingga Pulwasari,” terangnya.

Dengan demikian Danramil menghimbau kepada warga masyarakat agar tidak membuang sampah ke sembarang tempat karena itu dapat mencemari lingkungan.

“Buanglah sampah pada tempatnya jangan sampai dibuang ke sembarang tempat apalagi ke sungai. Dan rencana kegiatan tersebut ia lakukan demi meningkatan kesadaran masyarakat salah satunya dalam menjaga kebersihan aliran sungai serta mewujudkan kemanunggalan TNI bersama Rakyat karena bersama Rakyat TNI kuat,”Ukapnya.

Sementara Ketua GPS (Gabungan Pers Sukabumi),berikan apresiasi terhadap jajaran Koramil Cicurug yang selama ini bersinergi dengan berbagai pihak untuk menjaga kebersihan lingkungan sepajang sungai Cicatih, kemudian dengan rangkaian kegiatan Hut TNI ke-73 ini dirinya bersama Majlis Pemuda Gapleh akan menggelar aksi bersih-bersih sungai Cibodas, Insyaallah nanti pada bulan oktober kita akan secara bersama-sama dengan jajaran Koramil Cicurug akan melakukan kegiatan yang sama berlokasi tepatnya di Sungai Cicatih yang hari ini kita lakukan peninjauan secara bersama dan nampak terlihat adanya tumpukan sampah dapur yang mengotori aliran sungai Cicatih.

Lebih lanjut Budi berharap setelah kita melakukan bersih-bersih sungai nanti sesudah sungainya bersih agar masyrakat tidak lagi membuan sampah di sepajang aliran sungai sehingga ketika sungai bersih dari sampah maka tidak akan adanya penumpykan sampah yang mana akan menimbulkan bencana.”Terangnya.[BA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares