hari ini :

Home » Lingkungan » Dansektor 21 Kolonel Inf Yusef Sudrajat Sidak Ipal PT. Daese dan PT. Choi Gang

Dansektor 21 Kolonel Inf Yusef Sudrajat Sidak Ipal PT. Daese dan PT. Choi Gang

EDUPUBLIK, Kab Sumedang – Agenda giat sidak ke dua pabrik yaitu PT. Daese dan PT. Choi Gang yang berada dalam area kawasan pabrik Novatex di daerah Rancaekek berlangsung pada hari Sabtu (03/11/2018). Giat tersebut dihadiri oleh Dansektor 21 satgas Citarum Harum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat, Dansubsektor 17-21 Sertu Patrick beserta beberapa prajurit satgas dan beberapa awak media.

“Pabrik ini sudah bisa mengolah limbahnya dengan recycle tapi bukan alasan untuk tidak membangun IPAL,” ujar Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21 satgas Citarum Harum saat menyidak pabrik di Rancaekek Sumedang.

Pada kesempatan tersebut Dansektor 21 diajak melihat sarana IPAL yang berada di kawasan industri PT. Novatex didampingi oleh Sri  perwakilan dari  PT. Novatex, Choi Daeho selaku direktur PT. Daese, Kang Jung Seong selaku direktur PT. Coi Gang.

Sri mengungkapkan bahwa sarana IPAL telah digunakan oleh PT. Choi Gang. Sementara PT. Daese karena mengeluarkan limbahnya sedikit dan me-recycle limbahnya tidak memiliki sarana IPAL.

“Kedua pabrik tersebut baru beroperasi di kawasan pabrik PT. Novatex ini belum satu tahun,” jelas Sri. “Kalo tidak salah baru sekitar tiga bulanan,” lanjutnya lagi.

Setelah melihat hasil olahan limbah PT. Choi Gang yang telah bening dan ada ikan di dalam kolam, Kolonel Inf. Yusep mengungkapkan bahwa pabrik ini telah berhasil mengelola limbahnya sesuai dengan Perpres no. 15 tahun 2018.

“Saya minta PT. Daese yang belum memiliki IPAL agar menggunakan IPAL PT. Choi Gang karena limbahnya tetap harus diolah menggunakan sarana IPAL,” kata Kolonel Inf. Yusep yang di amini oleh Sri selaku perwakilan dari PT. Novatex.

Setelah melihat IPAL Dansektor 21 menandatangani surat kesepakatan dengan direktur PT. Daese dan PT. Choi Gang agar menjaga hasil olahan limbahnya tetap bening,“Saya kasih waktu tujuh hingga sepuluh hari untuk PT. Daese agar bisa bersinenrgi dengan IPAL PT. Choi Gang,” pungkas Kolonel Inf. Yusep Sudrajat [sa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares