hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citaraum Sektor 21 Laksanakan Sidak ke CV. Ragam Jaya Utama di Cimahi

Satgas Citaraum Sektor 21 Laksanakan Sidak ke CV. Ragam Jaya Utama di Cimahi

EDUPUBLIK, Cimahi – Dansektor 21 Satgas Citaraum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat kembali laksanakan kegiatan Sidak pengolahan limbah pabrik yaitu ke CV. Ragam Jaya Utama yang berada di daerah Nanjung Kota Cimahi pada hari Kamis (16/12/2018).

“Pabrik CV. Ragam Jaya Utama ini dengan karyawan 200 orang hingga jika dikali tiga dengan keluarganya menjadi 600, maka artinya perusahaan ini telah menghidupi setidaknya 600 orang. Namun dengan pengolahan IPAL yang baik seperti ini, perusahaan CV Ragam Jaya Utama ini telah menghidupi ribuan orang,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21 saat melakukan sidak ke CV. Ragam Jaya Utama di daerah Nanjung Kota Cimahi.

Pada pelaksanaan sidak yang berlangsung, Dansektor 21 bertemu dengan pemilik pabrik yaitu Patah dan mendampingi Dansektor 21 beserta rombongan melihat kondisi pabrik dan sarana IPAL nya. “Kami sudah lama mengelola limbah pabrik hingga bening dan ada ikan hidup di bak penampungan akhir,” ujar Patah.

Patah juga mengungkapkan satu kondisi dimana dulu, sebelum ada TNI bergerak dengan program Citarum Harumnya, selokan yang melewati pabrik berwarna hitam dan banyak sampahnya. “Dalam seminggu kita bisa menganggkut sampah sebanyak satu truk dari selokan tersebut yang sampahnya bisa berupa kasur busa,” ungkap Patah sambil memperlihatkan selokan yang dimaksud. “Namun setelah ada program Citarum Harum selokan itu sudah menjadi bersih,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Dansektor 21 mengucapkan terimakasih kepada Patah selaku pemilik pabrik yang telah dengan penuh kesadaran mengolah limbah pabriknya dengan baik. Sementara Patah juga menghimbau kepada para pemilik pabrik untuk mengolah limbahnya hingga aman bagi lingkungan dan tidak merugikan masyarakat.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares