hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 21-12 Bersama Masyarakat Bersihkan Bantaran Sungai

Satgas Citarum Sektor 21-12 Bersama Masyarakat Bersihkan Bantaran Sungai

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Agenda yang dilaksanakan Satgas Citarum Sektor 21, Subsektor 12 Soreang Kutawaringin mengadakan kegiatan karya bakti bersama masyarakat di Kampung Sukamandi Rt/Rw 004/002 Desa Sukamulya Kec. Kutawaringin Kab. Bandung dengan melibatkan pelopor masyarakat membersihkan aliran Sungai Ciwidey, dan juga melaksanakan komsos serta patroli limbah, Kamis (17/1/2019).

Kegiatan karya bakti tersebut diawali dengan apel kesiapan personil dengan melibatkan personil satgas 12 orang dan pelopor masyarakat 7 orang dengan menyusuri bantaran sungai ciwidey mengunakan alat seadanya membersihkan sungai dari sampah serta sedimentasi di bibir sungai.

Dalam penjelasannya kepada wartawan Dansubsektor 21-12 Soreang Kutawaringin Mayor Caj (K) Rina martiani,S.Pd mengatakan ” Rutinitas pekerjaan yang dikerjakan satgas sangatlah dibutuhkan agardapat menyentuh seluruh sasaran dalam penataan sungai maupun anak dan cucu sungai citarum, diantaranya melalui pengecekan washing, penanaman pohon dan pembersihan bantaran sungai seperti yang dilaksanakan satgas pada hari ini “, jelas Mayor Rina.

Tambah, Mayor Rina, ” Dimana kegiatan karya bakti ini dengan membersihkan sampah dan mengangkat sedimentasi yang menutupi aliran sungai, hal ini perlu segera dilakukan agar aliran sungai menjadi lancar dan bersih. Dan kegiatan ini merupakan bentuk peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungannya terutama dari sampah”, tambahnya.

” Selain mengadakan karya bakti di aliran sungai ciwidey, satgas juga mengadakan komsos kepada masyarakat di kampung Bojong nangka desa Parung serab kec Kutawaringin dan di desa Suka mulya kec Soreang dalam mensosialisasikan program citarum harum kepada warga masyarakat mengenai kebersihan lingkungan terutama sampah ” , papar Mayor Rina.

Setelah mengadakan Komsos dengan masyarakat, kegiatan satgas subsektor 21-12 Soreang Kutawaringin, dilanjutkan dengan patroli rutin limbah washing di daerah Kutawaringin untuk memastikan tidak ada industri yang membuang limbah kotornya ke dalam aliran sungai tanpa di tritmen terlebih dahulu.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares