hari ini :

Home » Lingkungan » Pemusnah & Penjaring Sampah ala ‘Hejo Tekno’ & ‘Aquatec’ Diapresiasi Menteri PUPR

Pemusnah & Penjaring Sampah ala ‘Hejo Tekno’ & ‘Aquatec’ Diapresiasi Menteri PUPR

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Gelaran Expo Citarum 2019 (19/2/2019) di Gedung Budaya Sabilulungan, Soreang Kabupaten Bandung, yang salah satunya menggelar inovasi pemusnah sampah yang ramah lingkungan ala ‘Hejo Tekno’, serta konsep penjaring sampah ‘Aquatec’, ternyata diapresiasi Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), Basuki Hadimuljono.

“Ini menggembirakan saya dan rekan-rekan di Gerakan Hejo. Ternyata, karya anak bangsa diapresiasi dengan baik, ” papar Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo usai memberi penjelasan tentang inovasi pengendalian sampah ke para tamu yang mengunjungi booth Gerakan Hejo.

Lebih lanjut menurut Eka yang sempat didaulat naik sepanggung dengan Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pangaribuan; Gubernur Jabar, Ridwan Kamil selaku DanSatgas Citarum Harum; Bupati Bandung, Dadang Nasser; serta puluhan tokoh lingkungan lainnya, dengan membubuhkan tandatangan di Gedung Budaya Sabilulungan, menyatakan:

“Intinya kami sangat siap, mensukseskan action plan revitalisasi Sungai Citarum. Saatnya, lebih banyak bekerja daripada sekedar berwacana.”

Pada pihak lain Betha Kurniawan dan Andi J Sunadim sebagai elemen warga pecinta lingkungan dari lingkup Gerakan Hejo, sepakat upaya revitalisai Sungai Citarum melalui Perpres No. 15 Tahun 2018, jangan hanya sekedar wacana tanpa koordinasi yang tak terkendali.

“Melihat kinerja Kang Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil), pertama mengumpulkan semua pihak yang bersedia terlibat, membuat action plan, lalu sekarang tinggal menjalankannya di lapangan. Optimis Sungai Citarum 5 tahun ke depan memunculkan perubahan positif yang significant, ” tutup Andi yang bersama staf-nya sedang melakukan uji coba penjaringan sampah sungai di lapangan. [HS/SA]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares