hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 21- 06 Citepus Giat Bersihkan llalang & Semak Belukar

Satgas Citarum Sektor 21- 06 Citepus Giat Bersihkan llalang & Semak Belukar

EDUPUBLIK, Kab Bandung  – Giat Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 06 Citepus, Kabupaten Bandung, laksanakan giat melanjutkan pembersihan dan pemotongan rumput liar, ilalang, semak belukar dan tumbuhan yang hidup liar di bantaran sungai, Senin (17/06/2019)

Dansubsektor 06 Citepus Pelda Edy Purwanto mengatakan, kegiatan hari ini menggunakan tenaga anggota TNI 11 personil prajurit, Kodim 0609/Kab. Bandung : 2 orang, Kodim 0604/Kerawang : 4 orang, Kodim 0617/Majalengka : 2 orang, Yonif 315/Garuda : 3 orang dan mendapat bantuan 12 orang pelopor kebersihan dari warga masing-masing yaitu Ade Sapari, A h m a d, A d i, Endang Solehudin, Gungun Hermawan, J u h e n d i, M a s r u r i, R a h m a t, Robani Yusuf Hilman, R o s i d i n, Usep Lili, dan Yanto.

Setelah apel pagi Pkl 07.00 WIB, anggota satgas bersama warga pelopor kebersihan sungai, dengan menggunakan peralatan sederhana melakukan kegiatan tersebut di Bantaran Sungai Citepus sebelah timur wilayah Kp. Bojongsuren RW 11 Kel. Pasawahan Kec. Dayeuhkolot dengan target sepanjang 200 meter bantaran sungai.

“hari ini kami satgas Citaraum melaksanakan giat di bantu pelopor kebersihan dan warga masyarakat, pada Pukul 10.30 wib mempelopori kegiatan memungut, mengambil sampah yang ada di pinggir sungai untuk dikumpulkan di bak sampah yang ada, dan setelah istirahat kembali beraktifitas pada Pukul 13.30 wib, melaksanakan pengawasan sampah yang berada di bak sampah bakar kp. bojongsuren kel. pasawahan dan kp. sekeandur ds. Cangkuang wetan kec. dayeuhkolot selanjutnya melaksanakan giat proses pembakaran”, jelas Dansubsektor 06 Citepus Pelda Edy Purwanto.

Masih kata Pelda Edy Purwanto,”
Kami pun Anggota Satgas Citarum Subsektor 06 Citepus bersama para informan terus melaksanakan giat patroli pagi, siang, malam, guna pencarian limbah industri yang masih dibuang di sungai maupun saluran air dan mengenai waktu jamnya tentatif,” ujarnya.

Sore harinya setelah kegiatan itu, menurut Dansubsektor 06 Citepus, di lanjutkan dengan kegiatan komunikasi sosial (komsos) dan bersilaturahim kepada warga yang berada di sekitar lingkungan sungai Citepus, mengajak supaya ikut serta berperan aktif mengembalikan ekosistem dan kelestarian sungai dengan menghijaukan kembali bantaran sungai, juga bekerja sama masyarakat sebagai jaring informasi untuk melaporkan jika ada industri yang masih membuang limbah ke sungai dan bersama menjaga serta menjadi pelopor untuk tidak membuang sampah di sungai.[sa]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares