hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 01 Rancaekek, Siap Amankan Ekosistem – Tanpa Basa-basi !

Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 01 Rancaekek, Siap Amankan Ekosistem – Tanpa Basa-basi !

EDUPUBLIK ,Kab Bandung- Keberadaan atau tepatnya predikat khas sungai Citarum pada era 2010-an sebagai one of the dirties river in the earth planet, rupanya mengusik  Serka Nurwan Aksa. Saat ini dirinya selaku Dansub Sektor 01 Rancaekek dari Satgas Citarum Harun Sektor 21:

”Rasanya, cukup menyiksa saat kita mendapat sebutan ini. Ada perasaan ketidakrelaan kala itu,” ucap Nurwan Aksa kepada redaksi sesaat sebelum berkegiatan – membersihkan aliran sungai Citarik di Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung (18/6/2019).

Tepatnya pada hari Selasa itu, sejak pagi hingga siang dan sore 11 anggota TNI (1 Arhanud, Ajendam 2, Koramil Rancaekek 5, Dim 0620/Kab. Cirebon, 3), bergabung dengan ‘pasukan’ Gober (Gotong Royong Bersama) yang banyaknya 12 orang,  terdiri atas: Bana, Ade, Ipang, Ade Yoyo, ahtu, Wahyudi, Aan Mar’an, Asep Mahfudin, Dadang R, Irwan Hermawan, dan Irwan Kurniawan – semua bahu-membahu !

Uniknya, karena sudah begitu solid ‘pasukan gabungan’ ini, tanpa ‘basa-basi’ langsung membersihkan aliran sungai Citarik di Kecamatan Rancaekek. Otomatis mula digalang secara alami ‘komsos’ (komunikasi sosial) dengan segenap penduduk di bantaran sungai Citarik – ditekankan, kebersihan adalah bagian dari iman. Hal ini diterapkan dengan konsisiten, semua turun membersihkan lingkungan.

“Cara semacam inilah yang lebih efektif, daripada banyak berbicara namun sangat sedikit implementasi di lapangan. Harapannya, sungai Citarum sebagai sungai terkotor di dunia dalam beberapa tahun belakangan ini, segera tergantikan menjadi bersih lagi,” papar Nurwan Aksa sambil menambahkan dengan  wajah penuh rasa bungah  – “Ekosistem aman terkendali …Ini saya laporkan kepada msyarakat tanpa basa-basi ! ” [HS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares