hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 8 Sungai Ciranjeng: Bersihkan Sampah & Rumput di Bantaran

Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 8 Sungai Ciranjeng: Bersihkan Sampah & Rumput di Bantaran

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Laporan progres implementasi Perpres No 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, per hari Sabtu, 29 Juni 2019, ini dilaporkan oleh Peltu A Choirudin. Ia melaporkan sesaat aksi pembersihan bantaran sungai Ciranjeng, yang melintasi wilayah Kecamatan Katapang dan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, dilakukan:

“Benar aksi kami ini, amatlah biasa-biasa saja. Namun menurut kami, hal ini punya peran penting, khususnya sebagai penyangga keberhasilan penegakkan ekosistem DAS Citarum, papar Peltu A Choirudin sambil menambahkan –“Persoalan kebersihan bantaran dan sungai, memanga menjadi hal di Ciranjeng. Paslnya, warga setempat masih ada yang seenaknya membuang sampah sembarangan. Ini yang kami tanamkan, pelihara kebersihan lingkungan”.

Sementara itu beberapa nama-nama anggota ‘pasukan pelopor kebersihan’ dari sekitar sungai Ciranjeng, di antaranya terdiri atas Aji Karjiman, Gugun Gunawan, Abdul Rohman, Nana Karmana, Egi Arfauji, dan Sadriya, tampak senang dengan beberapa kali diikutsertakan dalam gerakan ini:

“Kami sekarang bertekad untuk memelihara bantaran dan sungai Ciranjeng. Memang soal sampah, selama ini selalu menjadi masalah di sungai ini. Namun, sekarang sudah ada perubahan sikap. Warga di sini sekarang tak sembarangan lagi membuang sampah ke sungai,” pungkas Aji Karjiman dengan wajah tampak senang. [HS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares