hari ini :

Home » Lingkungan » Ijin Lapor, Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 04 Sungai Cidurian, Cimahi: Kembali, Menata Bantaran !

Ijin Lapor, Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 04 Sungai Cidurian, Cimahi: Kembali, Menata Bantaran !

EDUPUBLIK – Dansubsektor 04 Cidurian yang tergabung pada Sektor 21, Peltu Abraham El Taha melaporkan progres di lapangan sehubungan implementasi Perpres No 15 Tahun 2018 tentang

Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran (DAS) Sungai Citarum. Dalam pelaksanaannya pada hari Minggu, 30 Juni 2019 dengan melibatkan puluhan personil dari kesatuan TNI dan ‘satuan khusus’ Gober (Gotong Rorong Bersama) dari warga setempat di bantaran sungai Cidurian, Cimahi, melakukan pembersihan bantaran:

“Program ini walaupun tampak sederhana, namun memiliki kegunaan tersendiri. Pertama memperlancar aliran sungai, kemudian memperindah lingkungan, dan terakhir bagi kami ini merupakan ajang untuk memonitor seberapa bagus kualitas sungai ini dari segi – limbah, kepatuhan pabrikatau perusahaan untuk memeliharanya, dan banyak hal lainnya,” papar Peltu Abraham El Taha yang tampak bersemangat dan menyatu dengan warga setempat.

Bagi  beberapa personil inti dari ‘satuan’ Gober yang terlibat dalam karya bakti pada hari Minggu itu, di antaranya Atot, Ade Suparman, Nandang, Nitamto, dan I Putu Agung, merasa senang dan berjanji akan melanjutkan kegiatanyang sama tanpa harus ada komando dari ‘bapak-bapak TNI’:

“Sebenarnya, kami-kamilah yang harus beprakarsa untuk perbaikan lingkungan ini. Sebabnya, kami warga di bantaran sungai Cidurian yang mengambil manfaat terbesar. Yakni, sungai lancar terbebas dari banjir kala musim hujan, dan limbah dapat kita kontrol secara berkala. Tujuannya kan jelas, biar sungai Citarum bersih kembali,” tanggap Atot dan Ade Suparman. [HS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares