hari ini :

Home » Ragam » IWO Indramayu Ajak Wartawan Tingkatkan Kualitas Konten Media Online

IWO Indramayu Ajak Wartawan Tingkatkan Kualitas Konten Media Online

EDUPUBLIK, Indramayu – Berkembangnya kemajuan teknologi dan informasi harus dibarengi dengan sinergi dan saling melengkapi bagi seorang wartawan ketika menuliskan sebuah karya jurnalistik pada platform media online sehingga bagi wartawan akan menjadi terpercaya dan menjaga kredibilitas dengan tetap mengelola integritas konsistensi jurnalistiknya.

Hal itu dikatakan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Indramayu Tomi Indra saat memberikan sambutan dihadapan 57 peserta dari wartawan media cetak dan media online pada kegiatan Class Jurnalistik bertemakan “Meningkatkan Kulitas Konten Di Media Online”. Kamis (4/7/2019) di Aula Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu.

Menurutnya, melalui kegiatan Class Jurnalistik ini seorang pewarta dituntut bukan hanya memiliki wawasan di luar lapangan melaikan pemanfaatan kemajuan teknologi harus bisa dikolaborasikan dengan konten berita yang menarik sebagai peningkatan index pencarian berita menjadi teratas pada kolom mesin pencarian di google.

“Melalui Class Jurnalistik ini akan memberikan ilmu tambahan bagi para jurnalistik di Indramayu agar memanfaatkan kemajuan teknologi dengan membuat konten berita yang menarik di masing-masing websitenya. Dengan konten-konten berita yang menarik akan berdampak pada munculnya index pemberitaan website kita menjadi teratas pada kolom mesin pencarian,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Indramayu, Aan Hendrajana melalui Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP), Dedy Suprayogi sangat mengapresiasi kegiatan peningkatan konten media online itu karena seorang wartawan bukan hanya dituntut untuk akurat saat menulis berita namun juga cepat dalam menginformasikan peristiwa berita kepada masyarkat melalui media online.

“Saat ini kecepatan informasi menjadi penopang utama dalam media online dan tanpa disadari juga menjadi kelemahan manakala berita yang ditulis tidak akurat dan tidak sesuai fakta dan data sehingga harus memahami betul dasar-dasar jurnalisme secara utuh dan teknik-teknik penulisan beritanya,” tegasnya.

Ia berharap, para peserta dapat memahami betul sejumlah materi yang disampaikan oleh para narasumber sehingga dari pelatihan itu akan muncul jurnalis-jurnalis yang handal di Indramayu dengan memiliki etika yang baik dengan adanya etika seorang jurnalis mampu mengemban kode etik profesinya.

“Saya berharap melalui pelatihan ini Indramayu memiliki jurnalis-jurnalis yang handal , yang tidak hanya mampu menulis berita secara baik melainkan seorang pewarta memiliki etika karena seorang wartawan mahkotanya adalah etika. Dengan adanya etika wartawan memahami kode etik sehingga pekerjaan wartawan menjadi profesi kehormatan dan patut dibanggakan,” ujarnya.

Selanjutnya para peserta mengikuti penyampaian materi oleh Wasis Wasito dari Asisten Redaktur Sindonews.com tentang “Teknik Pembuatan Konten di Media Online” dan pemateri kedua dari Dedi Suwidantoro berasal dari Antara.com tentang “Membuat Video dan Teknik Fotografi”. [A.Iwan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*