hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 21-15 Kembali Cor Saluran Limbah PT Kaldu Sari Nabati

Satgas Citarum Sektor 21-15 Kembali Cor Saluran Limbah PT Kaldu Sari Nabati

EDUPUBLIK, Kabupaten Sumedang – Anggota Satgas Citarum Sektor 21-15 yang bertugas di wilayah Sumedang dapati PT Kaldu Sari Nabati (PT Karina) yang berlokasi di jalan Rancaekek Kabupaten Sumedang membuang limbah kotor berwarna putih dan berbau di dekat area persawahan Rancaekek Kabupaten Sumedang, Rabu dinihari, (10/7/2019).

Maka oleh karena itu atas temuan tersebut, Satgas Citarum Harum Sektor 21-15 Sumedang dipimpin Dansubsektor 15 Sumedang Serka Erik langsung melakukan pengecoran lubang pembuangan limbah PT Kaldu Sari Nabati (PT Karina) atas perintah Komandan Sektor (Dansektor) 21 Satgas Citarum Harum Kol. Inf Yusep Sudrajat, Rabu siang, (10/7/2019).

Dansubsektor 15 Sumedang Serka Erik saat ditemui para awak Media di PT Karina mengatakan, Satgas Citarum Harum Sektor 21-15 sebelumnya telah lakukan kegiatan patroli malam dan hasilnya menemukan PT Kaldu Sari Nabati (PT Karina) masih membuang limbah berwarna keputihan dan berbau melalui lubang limbahnya, dan pastinya limbah tersebut mencemari DAS Citarum.

Untuk memeperkuat temuan tersebut, Dansubsektor 15 Sumedang Serka Erik memperlihatkan video hasil patroli malam kepada para awak Media dan pihak PT Karina.

HRD PT Kaldu Sari Nabati Lukman di hadapan Satgas Citarum Harum Sektor 21-15 dan para awak Media beralasan limbah berwarna putih dan berbau berasal dari petani, karena air limbah pabriknya biasa digunakan kembali oleh para petani untuk mengairi sawah.

Namun Satgas Citarum Harum Sektor 21-15 tidak bergeming dengan alasan tersebut, dan langsung mengecor pipa pembuangan limbah PT Kaldu Sari Nabati (PT Karina) Rancaekek.

PT Kaldu Sari Nabati (PT Karina) Rancaekek tidak hanya kali ini saja membuang limbah kotor, di tahun 2018, tepatnya, (18/9/2018), pabrik ini pernah juga membuang limbah kotor yang tidak sesuai parameter Sektor 21.

Seusai melakukan pengecoran di PT Kaldu Sari Nabati (PT Karina), Satgas Citarum Harum Sektor 21-15 dipimpin Dansubsektor 15 Sumedang Serka Erik langsung menuju IPAL PT Kahatex Rancaekek untuk melakukan peninjauan dan mengecek apakah limbah akhir PT Kahatex sesuai parameter Sektor 21 Satgas Citarum Harum. [red/brh]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*