hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 8 Sungai Ciranjeng: Patroli & Tata Bantaran

Satgas Citarum Harum Sektor 21 – 8 Sungai Ciranjeng: Patroli & Tata Bantaran

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Kondisi sungai Ciranjeng yang memanjang mulai dari Kecamatan Katapang hingga Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung, diketahui memiliki karakteristik yang khas. Ia merupkan sungai yang kini di bantarannya, terdapat aneka kegiatan manusia mulai dari sekedar kegiatan alamiah hingga industri yang melibatkan banyak unsur manusia. Karenanya, sosok sungai Ciranjeng selain berfungsi sebagai sauran irigasi bagi pertanian dan persawahan, pun kegiatan ternak dan isndustri, tentunya.

“Makanya, pada Kamis (18/7/2019) kami sekali lagi melakukan patrol intensif sambil melakukan komunikasi social dengan warga setempat. Banyak hal kami bahas bersama para anggota Pelopor Kebersihan,” papar Peltu A Choirudin.

Hingga siang dan sore hari pada Kamis yang menurut para pegiat cukup terik cuacanya, tak kurang justru saat kemarau ini menjadi moment yang penting untuk saling mengingatkan untuk menjaga lingkungan.

“Ya, contoh kecil saja soal sampah. Jangan dibuang lagi ke sungai, Alhamdulillah saat ini sudah mulai jarang kita temui orang yang seenaknya buang sampah. Hanya yang jadi masalah, setelah kini sampah terkumpul, mau dibawa kemana? Inilah kadangkadang menjadi kendala kami untuk mengolahnya,” tutup  Aji Karjiman, dan Gugun Gunawan yang tampak serius dan rajin menata bantaran sungai Ciranjeng. [red/HS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares