hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Harum Sektor 21 –  03 Cipamokolan: Keruk Sedimentasi, Normalkan Aliran Sungai

Satgas Citarum Harum Sektor 21 –  03 Cipamokolan: Keruk Sedimentasi, Normalkan Aliran Sungai

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Bro and Sis, demikian kira-kira bahasa ‘gaul’ untuk bewara hasil kerja bakti Satgas Citarum Harum dari wilayah Cipamokolan Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung Sektor 21 – 03, yang berlangsung pada hari Sabtu, 20 Juli 2019. Seperti diutarakan oleh Dansubsektor 03 – 21 Serma Yahuza, garapan khusu itu, meliputi: Normalisasi sungai Cipamokolan di Kampung Ciputat Jembatan Baru RW 04 Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang , mengeruk sedimentasi tanah memakai alat berat Excavator PC 200 (1 Unit), dan Damtruck (13 Unit), serta pembersihan bantaran sungai dari rumput liar, semak-belukar, pun ilalang.

“Yang kami salut dari partisipasi warga setempat yang kompak, keterlibatan alat-alat berat ini dilakukan secara swadaya oleh masyarakat dan aparat setempat. Artinya, semua pihak merasa membantu dan terbantu. Semoga cara kerja ini dapat berlangsung untuk jangka waktu yang lama. Ya, ujung-ujungnya juga akan meningkatkan percepatan revitalisasi DAS Citarum,” jelas Serma Yahuza.

Bagi Usman, Ade, Deden, serta Bpk Udin Saifudin, yang tergabung dari ‘satuan khusus’ Gober alias Gotong Royong Bersama dari warga di Cipamokolan, pengangkatan sedimentasi yang sudah berlangsung beberapa tahun, merupakan idaman warga setempat selama ini.

“Kali ini berkat adanya program Citarum Harum, baru bisa dilakukan dengan baik. Ini pun kami lakukan dengan swadaya. Terima kasih bapak-bapak TNI atas bimbingannya. Ini menjadikan sungai di wilayah kami menjadi normal kembali …” tutup Ade dan Deden mewakili warga Cipamokolan.[hs/red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares