hari ini :

Home » Lingkungan » Yusep Sudrajat Sidak IPAL PT. Mulia Lestari, Berharap: Komitmen Baik Menular ke Pabrik Lain

Yusep Sudrajat Sidak IPAL PT. Mulia Lestari, Berharap: Komitmen Baik Menular ke Pabrik Lain

EDUPUBLIK, Cimahi  – Tindakan Inspeksi medadak atawa sidak yang dilakukan DanSektor 21 Satgas Citarum Harum, Kol. Inf. Yusep Sudrajat pada Rabu, 31 Juli 2019. Ini dalam rangka, mengecek IPAL (Instalasi Penglahan Air Limbah) PT. Mulia Lestari di Jalan Cibaligo, Kelurahan Cimahi Utara, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi (Jabar). Ternyata, ada hal yang spesial, kali itu Yusep Sudrajat didampingi rekannya dari Kabupaten Karawang dalam kaitan study banding, Kol. Inf. Imam Firdaus Budhiarto, DanSektor 16 Satgas Citarum Harum.

Sidak yang dilakukan setelah hal yang sama berlangsung di PT. Dam Sinar Button Factory yang berlokasi di area Jalan Cibaligo KM. 1,7 No. 70 Kota Cimahi, selama di area PT. Mulia Lestari diterima oleh Andrew, Assisten Direktur PT Mulia Lestari. Hampir satu jam lamanya, kedua DanSektor ini cukup cermat mengunjungi area IPAL dari pabrik rajut yang cukup luas ini:

“Satu tahun lalu perusahaan ini berkomitmen dengan Sektor 21. Hari ini kami datang mendadak, ternyata masih berkomitmen. Air jernih, ikan pada hidup,” papar Yusep Sudrajat yang menambahkan – “Semoga komitmen baik ini menular ke pabrik lainnya.”

Sementara itu menurut Andrew yang menurutnya pabrik ini berdiri sejak 1983, menjelaskan soal pencanangan program Citarum Harum sesuai Perpres No. 15 Tahun 2018 tentang ‘Revitalisasi Citarum Harum’: “Harapan saya adanya pabrik ini, tidak merusak lingkungan. Justru, kita inginnya bisa memperbaiki lingkungan. Malah, kalau bisa, go green-lah, ya hijaulah.”

Secara terpisah Imam Firdaus Budhiarto dalam konteks kunjungan ini, menyatakan setuju mengapresiasi apabila ada pabrik yang memiliki kemauan keras untuk memperbaiki IPAL-nya, lalu berusaha nyata memperbaiki ekosistem di sekelilingnya:

”Mengapa tidak, diberikan hadiah agar memotivasi kinerjanya. Sebaliknya, bila tidak ada perbaikan malah semakin buruk atau membandel, ya tindak saja dengan isolasi IPAL-nya,” ujarnya dengan tambahan – ‘Ya, dicor saja seperti yang dilakukan DanSektor 21. Tokh, ampuh juga akhirnya, mereka sadar lalu IPAL-nya diperbaiki seperti pabrik ini. Tak ragu, isolasi pabrik bandel di Sektor 16 Kabupaten Karawang.” [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares