hari ini :

Home » Lingkungan » DanSektor 21 Resmikan Incinerator Bantuan dari PT. Gucitex

DanSektor 21 Resmikan Incinerator Bantuan dari PT. Gucitex

EDUPUBLIK, Cimahi – Acara seremonial peresmian penggunaan mesin incenerator yang merupakan bantuan dari PT. Gucitex serta penyerahterimaan mesin kepada warga Rw.07 kelurahan Cibeureum Kota Cimahi telah dilaksanakan pada hari Selasa (10/09/2019) yang dihadiri oleh Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21, kepala Dinas LH Cimahi Tigor Sitinjak, Erik selaku pemilik pabrik PT. Gucitex, Ketua Rw.07, karang taruna, serta beberapa awak media.

“Saya ucapkan terimakasih kepada PT. Gucitex yang telah memberikan bantuan berupa alat pengolahan sampah dan kemudahan untuk menggunakan tanah perusahaan kepada warga Rw.07 kelurahan Cibeureum Kota Cimahi. Semoga ini menjadi triger bagi pabrik lain untuk melakukan hal yang sama,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku Komandan Sektor 21 saat meresmikan dan penyerahterimaan incenerator kepada warga.

Dalam kesempatan tersebut, Yusep mengungkapkan bahwa bantuan ini diberikan oleh PT. Gucitex atas inisiatif satgas Citarum Harum. “Kami selaku satgas Citarum Harum melihat bahwa permasalahan sampah sudah sangat parah. Dansebaiknya sampah itu bisa beres ditingkat Rw atau kelurahan karena kondisi TPA di Sarimukti saat ini sudah mendekati ambang overload,” kata Yusep. “Incenerator iini juga menjadi salahsatu solusi yang terbaik untuk saat ini meski belum ada aturan yang baku dari LH mengenai incenerator yang diberikan kepada warga ini,” lanjutnya lagi.

Yusep juga menegaskan bahwa jangan sampai LH melakukan pelarangan atau menganggap bahwa pengolahan sampah dengan cara dibakar bisa menimbulkan akibat buruk bagi kesehatan tapi tidak memberikan solusi. “Memang jika asap pembakaran sampah tersebut bisa menimbulkan akibat lain terkait kesehatan manusia. Namun incenerator yang saat ini diberikan kepada warga Rw.07 ini mampu membakar sampah tanpa menimbulkan asap yang berbahaya bagi warga disekitarnya karena panas dari pembakaran mencapai 1200 derajat celcius,” papar Yusep. “Memang masih ada asapnya, namun sangat sedikit dan saat ini menjadi solusi yang aterbak menurut saya,” katanya lagi.

Dari pihak warga yang diwakili oleh ketua Rw.07 mengucapkan rasa terimakasihnya dan menghimbau warga agar bisa menggunakan dan memelihara alat ini dengan baik. Sementara Tigor Sitinjak selaku Kepala Dinas LH Cimahi juga mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada satgas Citarum Harum yang telah membantu pihaknya dalam penanganan sampah serta pabrik PT. Gucitex yang telah memberikan sebagian keuntungannya untuk kepentingan warga sekitar.

“Saya berharap warga bisa memanfaatkan alat ini dan kami dari pihak pemerintah akan selalu mencoba mengakomodir apa yang dibutuhkan oleh masyarakat terutama di wilayah kota Cimahi,” pungkas Tigor. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*