hari ini :

Home » Lingkungan » Kolonel Inf Yusep Sudrajat Sosialisasi Citarum Harum di SMK PGRI 1 Cimahi Utara

Kolonel Inf Yusep Sudrajat Sosialisasi Citarum Harum di SMK PGRI 1 Cimahi Utara

EDUPUBLIK, Cimahi – Agenda Giat sosialisasi program Citarum Harum di SMK PGRI 1 Cimahi Utara Kota Cimahi telah dilakukan oleh satgas Citarum Harum Sektor 21 pada hari Kamis (12/09/2019) dihadiri oleh Komandan sektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat, Wakil Kepala Sekolah Iwan, Pasiminlog Sektor 21 Letda Saniyo, prajurit satgas Citarum Harum, 100 orang siswa-siswi SMK PGRI 1 dan beberapa awak media.

“Banyak dari masyarakat yang belum menyadari bahayanya limbah-limbah yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik. Sekarang anak muda banyak yang terkena penyakit berat akibat limbah tersebut,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku satgas Citarum Harum Sektor 21 ketika menjadi narasumber alam acara sosialisasi Citarum Harum di SMK PGRI 1 Cimahi Utara.

Dalam paparannya didepan para siswa, Kolonel Inf. Yusep Sudrajat menjelaskan apa dan bagaimana program Citarum Harum. ” Sungai Citarum sebelumnya menjadi sungai terkotor dan telah menenggelamkan nama Indonesia dimata dunia karena dianggap tidak peduli pada lingkungan hidup,” kata Yusep. “Dan dengan adanya program Citarum Harum yang telah berjalan selama hampir 2 tahun ini, Indonesia sudah mendapatkan pujian dari dunia karena mampu membuat perubahan yang luar biasa di sungai Citarum,” lanjutnya lagi.

Yusep juga memaparkan beberapa hal yang masuk dalam pengerjaan program Citarum Harum ini yaitu limbah dari masyarakat dan pabrik, permasalahan sampah, Jaring terapung di waduk-waduk yang menjadi salahsatu penyebab ikan-ikannya tidak layak untuk dikonsumsi serta masalah pola pikir masyarakat yang harus dirubah.

Para peserta yang terdiri dari para siswa-siswi SMK PGRI dengan antusias mendengarkan paparan Kolonel Inf. Yusep Sudrajat dan di sesi tanya jawab beberapa siswa juga aktif bertanya mengenai program Citarum Harum. “Saya berharap kalian memulai dari hal yang terkecil yaitu kesadaran bahwa sungai menjadi hal terpenting dalam kehidupan kalian hingga tidak akan membuang sampah kesitu,” harap Yusep.

Sementara itu Wakil Kepala Sekolah SMK PGRI Iwan mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada anggota satgas Citarum Harum yang telah melakukan sosialisasi di sekolahnya ini. “Kami merasa kegiatan ini sebaiknya sering dilakukan dan untuk pemerintah terutama dinas pendidikan, mata pelajaran Lingkungan Hidup harus tetap diadakan agar muncul kesadaran para siswa terhadap lingkungannya agar selalu terjaga kebersihan dan kerapihannya,” pungkas Iwan.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*