hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 21 – 13 Cor Saluran Limbah Pabrik PT. Rajawali Hiyoto

Satgas Citarum Sektor 21 – 13 Cor Saluran Limbah Pabrik PT. Rajawali Hiyoto

EDUPUBLIK, Cimahi – Tindak pengecoran terhadap pabrik PT. Rajawali Hiyoto yang ketahuan membuang air limbah dalam kondisi kotor kembali dilakukan oleh prajurit satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi selatan pada hari Kamis (12/09/2019).

“Hari ini satgas Citarum menemukan air buangan limbah dari saluran limbah PT. Rajawali Hiyoto dalam kondisi kotor dan pihak pabrik banyak berdalih, namun, apapun alasannya kami tetap lakukan pengecoran saluran buangan limbah di pabrik ini,” tegas Letda Saniyo selaku prajurit satgas Citarum Harum saat memberikan keterangan kepada awak media terkait tindakan pengecoran saluran limbah pabrik PT. Rajawali Hiyoto oleh satgas.

Dalam keterangannya, Letda Saniyo mengungkapkan bahwa tindakan pengecoran saluran buangan limbah di pabrik ini akibat penemuan buangan air yang terindikasi merupakan limbah oleh satgas Citarum Harum Subsektor 13 dari outlet pabrik PT. Rajawali Hiyoto ini. “Dalam pengecoran ini hadir juga perwakilan dai dinas LH Cimahi serta Diskrimsus Polda Jabar,” kata Saniyo.

Sementara itu, dari pihak pabrik yang diwakili oleh Manager IPAL yaitu Wahyu mengungkapkan bahwa kejadian tersebut akibat human error. “Menurut pegawai kami, buangan air yang keluar ke sungai tersebut adalah bekas pencucian mobil dan ada plastik yang entah berisi apa,” kata Wahyu.

Wahyu juga menegaskan bahwa pabrik ini sangat komitmen terhadap lingkungan hidup dan dengan adanya kejadian ini pihaknya menyadari bahwa human error bisa berakibat fatal. “Kami akan memperbaiki kesalahan ini secepatnya dengan penuh kesadaran ,” pungkas Wahyu yang mewakili pihak pabrik.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*