hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 21-13 Lokalisir Saluran Limbah PT. How Are You Indonesia

Satgas Citarum Sektor 21-13 Lokalisir Saluran Limbah PT. How Are You Indonesia

EDUPUBLIK, Cimahi – Saat melaksanakan tugas rutin yaitu patroli sungai pada Jumat (13/9/2018), Satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 13 Cimahi Selatan untuk mengecek pembuangan limbah diantaranya sungai Cibabat, dalam penyelusurannya ditemukan ekoalisasi saluran air limbah lokasi titik outlet/0utpol (IPAL) kondisi air berwarna keruh dan berbau  berbusa dari buangan limbah PT. How Are You Indonesia yang beralamat di jalan Nanjung kelurahan Utama Cimahi Selatan.

Maka kembali sikap tegas dilakukan oleh prajurit satgas Citarum Harum terhadap pabrik yang masih nakal membuang limbah cair beracun ke sungai di wilayah Subsektor 13 Cimahi Selatan dengan melakukan lokalisir saluran pembuangan limbahnya. Lokalisir atau pengecoran terhadap saluran limbah ini dilakkan oleh satgas akibat ditemukan limbah yang terbuang mengalir ke aliran sungai jarak radius 100 meter dari Ekoalisasi air limbah yang dikeluarkan oleh PT. How Are You Indonesia berubah menjadi warna putih keabuan dikarenakan reaksi obat kimia yang dipergunakan pengolahan IPAL nya,

Setelah di cek ke dalam terutama di kolam akhir pembuangan limbahnya,  ikan mas atau nila yang ada tidak hidup (mati) hingga dengan kondisi tersebut maka bisa dipastikan bahwa buangan limbah dari PT. How Are You Indonesia ini masih belum sesuai dan harus diperbaiki karena bisa merusak ekosistem.

Didampingi oleh pemilik pabrik yatu Mr. Liu, satgas melakuan penutupandengan  cara mengecor lubang pembuanganya serta melakukan beberapa tindakan berupa mengambil foto dokumentasi, mengambil video, koordinasi dengan Dirkrimsus polda Jabar dan kepala dinas LH kota Cimahi. serta melaporkan ke komando atas.

Irvan selaku perwakilan yang hadir saat wartawan tiba di pabrik mengungkapkan bahwa dengan kondisi ini pihaknya akan segera melakukan perbaikan. “Mulai besok kami akan segera melakukan perbaikan agar tidak terjadi kondisi seperti hari ini, ”jelasnya. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares