hari ini :

Home » Lingkungan » Kolonel Inf Yusep Sudrajat Dalam Sosialisasi Citarum Harum di Pangalengan

Kolonel Inf Yusep Sudrajat Dalam Sosialisasi Citarum Harum di Pangalengan

EDUPUBLIK, Kab Bandung –Kegiatan sosialisasi mengenai program Citarum Harum telah dilaksanakan oleh prajurit satgas Citarum Harum Sektor 21 subsektor 18 Pangalengan di gedung Sabilulungan kampung Sukamulya Rt.01 Rw.01 desa Margamulya kecamatan Pangalengan kabupaten Bandung pada hari Rabu (18/09/2019) yang dihadiri oleh Camat Pangalengan Drs. Eef Syarif H. M.Si., Kapolsek Pangalengan Kompol Imarsudi, Danramil Pangalengan Kapten Inf. Budiyanto, Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku narasumber, dan ratusan warga yang hadir sebagai peserta sosialisasi tersebut.

“Sungai Citarum merupakan pusat kehidupan dari sejak zaman dahulu. Kerajaan-kerajaan seperti Pajajaran dan kerajaan lain dibangun dipinggir sungai untuk menopang kehidupan masyarakatnya,” kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat  selaku Dansektor 21 satgas Citarum Harum saat memberikan materi mengenai program Citarum Harum kepada masyarakat di kampung Sukamulya Pangalengan.

Dalam paparannya, Kolonel Infantri Yusep Sudrajat menjelaskan secara detail mengenai permasalahan yang ada di Citarum yang telah merusak nama baik Jawa Barat dan Indonesia menjadi sangat buruk dimata Dunia. “Indonesia terutama warga Jawa Barat menjadi tercoreng dan turun derajatnya sampai titik nadir akibat kondisi Citarum Harum yang sangat kotor hingga dikategorikan sebagai sungai terkotor di dunia,” kata Yusep. “Ada banyak permasalahan yang muncul di sungai Citarum diantaranya sampah rumah tangga dan industri, bangunan di bantaran sungai, penghijauan dan lain-lain,” lanjutnya lagi.

Yusep juga berharap agar warga dan masyarakat yang hadir mengikuti acara sosialisasi ini bisa merubah sikap dan pola pikir mengenai lingkungan hidup dan memberitahukannya kepada warga lain. “Kami selaku satgas Citarum Harum memiliki tenaga yang terbatas dan sangat berharap masyarakat membantu menyebarkan masalah Citarum ini kepada warga lain,” kata Yusep.

Sementara itu Camat Pangalengan Drs. Eef Syarif H. M.Si mengungkapkan bahwa kesadaran masyarakat terhadap kondisi lingkungannya sangat penting. “Dengan adanya satgas Ciatrum Harum ini saya berharap masyarakat mulai memahami pentingnya kebersihan dan kerapihan lingkungan disekitar mereka,” kata Eef. “Terkait masalah sampah saya juga berharap agar pemerintah dapat memberikan solusi yang tepat karena jika hanya diangkut dan dibuang sama saja hasilnya. Sampah harus diolah,” tegasnya lagi.

Acara sosialisasi ini diakhiri dengan foto bersama para narasumber dan peserta. “Semoga dengan giat seperti ini masyarakat bisa menyadari pentingnya kebersihan sungai demi kesehatan dan kesejahteraan mereka dan anak cucunya,” pungkas Kolonel Inf Yusep Sudrajat. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares