hari ini :

Home » Lingkungan » Sosialisasi Program Citarum Harum di Laksanakan Sektor 21- 9 di Desa Banjaran Wetan

Sosialisasi Program Citarum Harum di Laksanakan Sektor 21- 9 di Desa Banjaran Wetan

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Giat sosialisasi program Citarum Harum telah dilaksanakan oleh Sektor 21 di kampung Pengkolan Desa Banjaran Wetan Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung pada hari Kamis (31/10/2019) yang dihadiri oleh sekitar 100 lebih warga dari Rw.01 dan Rw.03 yang dekat dengan sungai Citalugtug dan Cibanjaran.

“Kita harusnya bangga dengan adanya sungai Citarum yang menjadi milik warga Jawa Barat karena menjadi tumpuan hidup sekitar 35 juta warga di Jabar, dan Jakarta. Kita harus menjaga dan memeliharanya dengan merubah pola hidup tidak mengotorinya dengan limbah dan kotoran,” kata Dansektor Kolonel Inf. Yusep Sudrajat saat memberikan paparan kepada warga di kampung Pengkolan Banjaran Kabupaten Bandung.

Dalam acara tersebut selain Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat hadir juga Ketua Rw. 03 Dudi Kustiana dan dari perwakilan DLH kabupaten Bandung Sirozul, St. anggota satgas Citarum Harum Subsektor 09 serta beberapa anggota Badega Kabupaten Bandung dan awak media.

Dalam paparannya Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep mengungkapkan bahwa kondisi Citarum saat ini telah mengalami perubahan yang sangat signifikan setelah TNI menjadi satgas berdasarkan Perpres No. 15 tahun 2018 dalam rangka penanggulangan sungai Citarum yang dinyatakan sebagai sungai tekotor di dunia. “Berbagai program penangglangan sungai Citarum yang telah dilakukan selama ini belum ada yang mencapai kondisi seperti saat ini. Dan TNI dengan sepenuh hati melakukan tugasnya tanpa basa basi,” kata Dansektor 21. “Bahkan kami sudah bekerja ebelum perpres dibuat,” lanjutnya lagi.

Dansektor juga mengungkapkan bahwa permasalahan di sungai Citarum harus diselesaikan secara sinergi dari berbagai unsur masyarakat. “TNI tidak bisa bekerja sendiri dan harapan terbesarnya adalah peranserta warga yang diharapkan mampu merubah pola hidpnya agar tidak membuang sampah ke sungai terutama sungai Citarum,” kata Dansektor 21.

Dalam kesempatan itu warga juga memberikan informasi mengenai berbagai hal yang telah dilakukan oleh warga di kampung Pengkolan ini terkait pengelolaan sampah. “Kami sejak lama sudah melakukan kegiatan pemilahan sampah dan pembakaran sampah,” kata salahseorang warga. “Dan kami berharap pemerintah juga mendorong kami agar kegiatan tersebut bisa terus berlangsung,” lanjutnya lagi.

Setelah memberikan paparan kepada warga di Rw. 03 Dansektor juga melihat sarana pembakaran sampah yang terletak tidak jauh dari acara sosialisasi. Warga berharap agar nantinya dibangun pembakaran sampah yang lebih baik lagi. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares