hari ini :

Home » Edukasi » Satgas Citarum Sektor 21-15 Bebersih Sungai Cibeusi Belakang Sekolah Al Ma’Soem

Satgas Citarum Sektor 21-15 Bebersih Sungai Cibeusi Belakang Sekolah Al Ma’Soem

EDUPUBLIK, Sumedang – Karya bakti pembersian sampah di aliran sungai Cibeusi yang berada tepat di belakang Sekolah Al Ma’soem Cileunyi Sumedang telah dilaksanakan oleh prajurit anggota satgas Ciarum Harum Sektor 21 Subsektor 15 Sumedang yang dipimpin oleh Serka Eri K. pada hari Senin (04/11/2019) dari sejak pukul 08.00 hingga pukul 14.00 wib.

“Kami telah melakukan pembersihan sampah di sungai Cibeusi yang berada tepat di belakang Sekolah Al Ma’soem Cileunyi Sumedang sejak hari Jumat kemarin karena kondisinya banyak sampah yang diduga dibuang oleh warga setempat,” kata Serka Eri K. selaku prajurit anggota satgas Citarum Harum Subsektor 15 Sumedang saat memberikan keterangan kepada awak media.

Dalam keterangannya Serka Eri K. mengungkapkan bahwa kegiatan ini dilakukan setelah adanya laporan dari pihak pengelola Sekolah Al Ma’soem pada hari Kamis minggu lalu yang mengeluhkan kondisi sungai di belakang sekolahnya tersebut penuh dengan sampah. “Dengan adanya laporan tersebut kami langsng menindaklanjutinya dengan mendatangi tempat yang dimaksud dan segera melakukan pembersihan pada hari berikutnya (jumat-red) bersama siswa anggota pecinta alam Sekolah Al Ma’soem dan Gober,” papar Serka Eri K.

Semenara itu dari pihak sekolah yang diwakili oleh Humas Sekolah Al Ma’soem yaitu Hilman yang didampingi wakilnya dan Kepala Pesantren Asep Dedi mengungkapkan bahwa sekolah Al Ma’soem telah lama menjalankan program pemeliharaan lingkungan di lingkungan sekolah tersebut. “Kami bahkan telah membangun tga tanggul yang nantinya diharapkan bisa menyaring air hingga bersih dan bisa dinikmati oleh warga untuk melakukan kegiatan memancing,” kata Asep Dedi.

Sekolah Al Ma’soem ungkap Asep Dedi bahkan telah melakukan pengelolaan sampah di area sekitar sekolah tersebut. “Kami telah membangun alat pembakaran sampah dan bak agar sampah yang dibuang bisa dikelola oleh warga sekitar,” kata Asep Dedi. “Namun sayangnya warga yang belum memanfaatkan sarana terseebut secara maksimal,” lanjutnya lagi.

Menurut Asep Dedi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan kelurahan dan kecamatan setempat agar bisa mengajak warganya untuk menggunakan fasilitas yang diberikan oleh sekolah Al Ma’soem tersebut. “Kami bahkan menyiapkan gerobak pengangkut sampah di beberapa gang di wilayah sini agar warga bisa mengelola sampahnya dan membuang  di bak sampah yang kami buat,” papar Asep Dedi.

Asep Dedi juga mengungkapkan bahwa Sekolah Al Ma’soem yang siswanya berjumlah sekitar 3000 siswa dan siswi ini telah melarang kantin-kantin memakai bahan stereofoam dan plastik keresek sebagai bungkus makanan. “Kami hanya mengizinkan pemakaian kertas sebagai bungkus di sekolah ini agar sampahnya bisa didaur ulang atau dibakar,” ungkap Asep Dedi.

Asep Dedi juga sangat senang dengan apa yang dilakuan oleh satgas Citarum Harum Subsektor 15 yang dengan cepat merespon keluhan pihaknya dan secara verbal mengungkapkan ingin melakukan kerjasama dengan satgas Citarum Harum. “Kami sangat senang dan bahkan terkejut dengan tanggapan satgas yang begitu cepat dan kami berharap bisa melakukan kerjasama dengan satgas Citarum harum,” pungkas Asep Dedi.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares