hari ini :

Home » Lingkungan » Dansektor 21 Berkomentar di Seminar Partisipasi Publik PPK DAS Citarum

Dansektor 21 Berkomentar di Seminar Partisipasi Publik PPK DAS Citarum

EDUPUBLIK, Bandung – Dalam rangka percepatan meningkatkan efektifitas, sinergitas dan keberlanjutan pelaksanaan PPK DAS Citarum Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat menggelar acara Seminar Partisipasi Publik PPK DAS Citarum pada hari Kamis (19/12/2019) di ruang rapat lantai 4 Bos Sondaicus bekas gedung Dinas Peternakan di jalan Ir. H. Djuanda nomor 358 Dago Kota Bandung.

Dalam acara tersebut hadir beberapa Komandan Sektor satgas Citarum Harum, Komunitas Wanadri, Echo Village, Kabuyutan Cipageran, Pembudidaya KJA Jatiluhur, Media dan lain-lain.

Dalam diskusi tersebut setiap komunitas diberi kesempatan untuk memaparkan apa yang telah terjadi selama ini terkait program Citarum Harum serta masukan yang diharapakan bisa mempercepat penyelesaian perbaikan ekosistem DAS Citarum Harum.

Komunitas Kabuyutan yang diwakili oleh Kang Dedi mengungkapkan bahwa seharusnya program Citarum Harum ini tidak melepaskan unsur sejarah dan adat budaya. “Dalam budaya Kabuyutan Sunda banyak hal yang bisa diterapkan salahsatunya adalah kata pamali yang sangat dihormati oleh orang sunda,” Kata Kang Dedi. “Hal lain adalah jangan memberi keringanan pada yang memang bersalah dalam konteks menjunjung kebenaran. Hukum saja pihak-pihak yang terbukti melakukan kesalahan,” ujarnya lagi.

Kolonel Inf. Yusep Sudrajat selaku Dansektor 21 juga dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa limbah cair industri adalah masalah terbesar dalam program Citarum Harum ini. “Akibat yang terjadi kepada masyarakat sangat beragam dan berbahaya. Bahkan bisa menimbulkan kematian dan kerusakan pada tubuh manusia,” kata Kolonel Inf. Yusep. “Dan di Jabar permasalahan satu ini menjadi juaranya,” tegasnya lagi.

Masih kata Kolonel Inf. Yusep Sudrajat saat memberikan komentar dalam acara diskusi bersama beberapa elemen di bekas Gedung Dinas Peternakan Provinsi Jabar,”Pentingnya media dalam mengawal kegiatan satgas Citarum Harum, sekecil apapun kegiatan yang di lakukan satgas, banyak pihak dan masyarakat harus mengetahuinya, yaitu melalui siaran media, baik itu media on line , televisi radio maupun cetak, maka itu pun untuk kegiatan mereka dilapangan para awak media, segeralah ajukan dan anggarkan dananya untuk mereka, karena mereka pun dilapangkan butuh transpot, makan dan minum”,pungkasnya.[red/bb]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares