hari ini :

Home » Lingkungan » Bersama Komunitas Penghijauan Sektor 21-7 Tanam Pohon di Gunung Anday

Bersama Komunitas Penghijauan Sektor 21-7 Tanam Pohon di Gunung Anday

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Giat penanaman pohon yang dilakukan oleh berbagai komunitas peduli lingkungan di wilayah Gunung Anday yang dikenal dengan situs Gunung Alit Kabuyutan berkolaborasi dengan satgas Ciatrum Harum Sektor 21 telah dilaksanakan pada hari Sabtu (18/01/2020).

“Kegiatan penanaman pohon di Gunung Anday desa Lebakwangi RT 2 Rw 3 kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh beberapa komunitas pecinta lingkungan di wilayah Kabupaen Bandung. Sangat terkait dengan program Citarum Harum karena kawasan ini merupakan situs yang berfungsi sebagai penyerapan air,” kata Itang Wismana Erawan selaku Ais Pangampih di daerah Situs Gunung Alit Kabuyutan di Lebakwangi Arjasari Kabupaten Bandung.

Dalam kegiatan tersebut hadir Letda Saniyo yang mewakili Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat, anggota satgas Citarum Harum Subsektor 07 Cisangkuy, para pupuhu wilayah situs Gunung Alit Kabuyutan termasuk Itang Wismana Erawan, komunitas Penghijauan Bandung Selatan diantaranya Sasaka Waruga Pusaka, Hipadri, Sagawa, Sunda Ngahiji, serta beberapa awak media.

Giat penanaman bibit pohon ini dilakukan setelah beberapa waktu lalu gunung yang masuk dalam cagar alam ini terbakar seluas 8 hektar. “Hari ini kita ikut melakukan penanaman sekitar 400 bibit pohon di area sekitar satu hektar,” kata Letda Saniyo.

Para peserta yang ikut dalam kegiatan ini berkumpul terlebih dahulu di Situs Bumu Alit Lebakwangi sekitar pukul 08.00 wib. dan mulai bergerak ke area penanaman di Gunung Anday yang dijadikan situs bernama Situs Gunung Alit Kabuyutan yang tidak begitu jauh dari titik kumpul.

Menurut Itang, kegiatan ini merupakan hasil koordinasi dari beberapa komunitas pecinta lingkungan di Kabupaten Bandung. “Kebetulan ada anggota komunitas Penghijauan Bandung Selatan warga Lebak Wangi, akhirnya saling mengisi maka terjadi kegiatan bersama,” katanya.

Itang mengungkapkan musim kemarau kemaren ini kebakaran habis, bisa dikatakan pohon habis sama api. “Tentunya kami punya kepedulian terhadap Gunung Anday selain Situs Bumi Alit Kabuyutan,” ungkapnya. “Kami juga meminta pemerintah agar membeli tanah di situs ini yang telah dimiliki oleh beberapa orang secara pribadi yang mana kita sendiri tidak tahu bagaimana ceritanya tanah di situs ini bisa dimiliki oleh perseorangan,” lanjutnya lagi.

Sementara itu Letda Saniyo mengungkapkan bahwa keiatan seperti akan selalu didukung oleh satgas Citarum Harum. “Program penanaman bibit pohon merupakan salahsatu program yang tengah dilakukan oleh satgas dan tentunya kegiatan semacam ini sangat membantu program tersebut,” pungkasnya.[bn/red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares