hari ini :

Home » Lingkungan » Satgas Citarum Sektor 21- 1 Lakukan Pengerukan Sungai Cimande Yang Terlihat Hitam

Satgas Citarum Sektor 21- 1 Lakukan Pengerukan Sungai Cimande Yang Terlihat Hitam

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Permasalahan tampilan air sungai yang terlihat menghitam selalu berakibat salah persepsi, terutatama bagi orang yang tidak faham atau samasekali tidakmau tahu apa penyebab air sungai.

Kejadian seperti itu seringkali terjadi dilingkungan kerja satgas Citarum Harum dimana warga bahkan satgas sendiri sering tertipu dengan tampilan air sungai yang terlihat hitam. Dan ternyata iru bukanlah warna dari sungai tetapi sedimentasi didasar sungai.

Seperti yang telah terjadi beberapa waktu lalu dimana satgas Citarum Harum Subsektor 01 diperintahkan oleh Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat untuk menindaklanjuti laporan warga kampung Bojongkalong kecamatan Rancaekek yang mengirimkan kondisi sungai Cimande berwarna hitam.

Saat itu dengan sigap satgas didampingi oleh beberapa awak media yang selalu meliput giat Sektor 21 mendatangi sungai yang dimaksud oleh warga tersebut. Sekitar pukul 16.00 wib. satgas dan awak media telah berada di sungai Cimande dan setelah diperiksa ternyata kondisi hitam tersebut berasal dari sedimentasi didasar sungai yang telah bertahun-tahun mengendap.

Kondisi tersebut juga dikonfirmasi ke empat pabrik yaitu PT. Beronicatex, PT. Jaesang, PT. Moatex, dan PT. Kosnitex yang ditengarai bisa saja membuang limbah ke sunga tersebut. Hasilnya tidak satupun yang mengakui bahwa mereka membuang limbah.

Dengan kondisi tersebut akhirnya satgas Citarum Harum dan PT. Beronicatex melakukan pengerukan pada hari Senin (20/01/2020) lalu.

Pada hari Rabu (22/01/2020) beberapa awak media kembali melakukan pengontrolan hasil pengerukan yang dilakukan oleh satgas dan PT. Beronicatex dan hasil yang ditemui dilapangan kondisi sungai tersebut terlihat bersih dan bening.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares