hari ini :

Home » Lingkungan » Dalam Wilayah Sektor 21 Banjir Genangi Desa Sukamanah

Dalam Wilayah Sektor 21 Banjir Genangi Desa Sukamanah

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Meluapnya sungai Citarik dikarenakan curah hujan yang begitu deras mengakibatkan Sebanyak lima RW di Desa Sukamanah, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung terendam banjir setinggi 20 sampai 40 Cm akibat, Sabtu (25/01/2020).

RW tersebut yang terendam banjir diantaranya RW 01, 02, 05, 06 dan RW 12 desa Sukamanah, kejadian ini diakibatkan oleh meluapkan sungai Citarik dan posisi kampung berada di bawah permukaan sungai, hal ini mengakibatkan luapan air sungai Citarik bisa masuk ke perkampungan antara lain, kampung Sapan, RW 01 dengan 45 kepala keluarga (KK), kampung Sapan RW 02 dengan 36 KK, kampung Rancakemit RW 15 dengan 75 KK, kampung Cibulukadu RW 05 dan 06 masing-masing 60 dan 69 KK, dan juga kampung Ranca Eunteung RW 04 dengan 35 KK.

Kejadian ini dilaporkan oleh Pasi Ops Sektor 21 Letda Saniyo kepada Kolonel Inf Yusep Sudrajat Dansektor 21 Citarum Harum berdasarkan laporan dari Babinsa Desa Sukamanah Serka Endeng Dedi yang memantau langsung ke lokasi banjir, “Sementara warga masih bertahan di rumahnya masing-masing, untuk ketinggian air 20-45 cm,” ungkapnya dalam laporan.

Adapun kerugian yang diakibatkan oleh banjir ini adalah Materi sebagian barang rumah tangga terendam banjir, warga yang rumahnya tergenang banjir ikut menumpang ke sodatanya yang posisi rumahnya lebih tinggi. Apabila kondisi daruruat, maka telah disiapkan Aula desa untuk warga mengungsi.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares