hari ini :

Home » Edukasi » SOS Children’s Villages Indonesia Berkolaborasi Dengan Empat Hotel Di Bandung Untuk Meningkatkan Daya Saing Anak Muda

SOS Children’s Villages Indonesia Berkolaborasi Dengan Empat Hotel Di Bandung Untuk Meningkatkan Daya Saing Anak Muda

EDUPUBLIK, Bandung – 7 Februari 2020, Mendukung program penguatan kapasitas untuk anak muda, empat hotel di Bandung berkolaborasi dengan SOS Children’s Villages Indonesia melalui program Youth Career Intitiative (YCI) untuk persiapkan anak muda siap kerja di bidang industri perhotelan.

Situasi memprihatinkan mengancam angkatan kerja Indonesia. Berdasarkan Global Competitiveness Index (GCI) 2019 yang dirilis oleh World Economic Forum (WEF), daya saing tenaga kerja Indonesia masih tertinggal dibanding negara ASEAN lainnya. Hal ini disebabkan persoalan rendahnya pendidikan dan ketidaksesuaian antara pekerjaan dan pendidikan. Melihat hal ini, SOS Children’s Villages Indonesia bersama Youth Career Initiative (YCI) tahun ini kembali menjalankan program YouthCan! bersama empat hotel di Bandung.

YouthCan! atau dalam Bahasa Indonesia disebut “Anak Muda Bisa!” adalah program penguatan kapasitas bagi anak muda SOS Children’s Villages yang diluncurkan Mei 2017, dengan menggandeng berbagai pihak untuk mendukung anak muda mencapai kemandirian. Januari 2018, YouthCan!
bekerjasama dengan Youth Career Initiative (YCI), lembaga internasional yang memberikan pendidikan keterampilan kerja bagi anak muda dengan tujuan meningkatkan kapasitas kerja dalam industri pariwisata.Telah dilaksanakan sebanyak empat batch, program YCI menggandeng 4 hotel berbintang empat dan lima di Bandung untuk anak-anak dapat mengikuti pelatihan dalam industri
perhotelan.

Program YCI batch I diikuti oleh 6 remaja pada semester pertama 2018, dilanjutkan batch II pada semester keduanya dengan total 14 peserta, dan batch III pada paruh pertama 2019 diikuti 16 anak muda. Bulan Juli 2019, batch ke-4 YCI bertempat di empat hotel di Bandung yakni Hilton Bandung, Courtyard by Marriott, Four Points by Sheraton, dan Sheraton Hotel dan Tower. Keempat hotel tersebut memberikan kesempatan bagi anak muda memiliki kemampuan dalam industri perhotelan dan membuka peluang kerja bagi mereka. Para remaja diperkenalkan ke enam area kerja perhotelan yaitu: Kitchen, FB Service, Engineering, IT, serta housekeeping.

“Kami senang dapat melanjutkan kerja sama istimewa ini dengan SOS Children’s Villages Indonesia, yang mana ini merupakan grup magang keempat yang akan wisuda dari program ini. Apa yang kita lakukan hari ini bersama anak-anak muda ini saling memberikan makna satu sama lain, yaitu memberikan pengetahuan dasar kepada anak muda tentang bagaimana hotel internasional bintang lima beroperasi, dan anggota tim kami merasakan arti nyata dapat memberi manfaat, dan anak muda dalam masyarakat kita sendiri dapat mengendalikan hidup mereka dan menciptakan masa depan yang lebih baik,” ucap Kevin Girard, General Manager Hotel Hilton Bandung.

Periode pelatihan batch IV diikuti oleh 18 anak muda SOS Children’s Villages yang berasal dari Flores, Jakarta, dan Yogyakarta yang dilaksanakan sejak Agustus 2019 hingga Januari 2020. Bertempat di Hotel Hilton Bandung, bulan Februari 2020 ini dilaksanakan wisuda bagi ke-18 anak muda yang telah menjalani proses pelatihan sebagai bekal masa depan masing-masing. Acara wisuda ini juga dihadiri oleh perwakilan Management dari keempat hotel dan National Director SOS Children’s Villages lndonesia. Kemandirian anak muda untuk siap menghadapi dunia kerja adalah salah satu perhatian khusus SOS Children’s Villages Indonesia dalam menjalankan program pengasuhan untuk anak-anak yang kehilangan pengasuhan orang tua. Selama 47 tahun mendukung pemenuhan hak-hak anak di Indonesia, lebih dari ribuan anak SOS Children’s Villages Indonesia kini sudah mandiri dan membangun masa depan yang baik di masyarakat sesuai dengan talentanya masing-masing.

“SOS Children’s Villages fokus mempersiapkan remaja agar memiliki kapasitas dan keterampilan kerja sehingga berani bersaing dalam dunia kerja. Melalui program magang yang bekerjasama dengan empat hotel di Bandung ini, harapannya semakin banyak anak muda menjadi pribadi tangguh, berani berkompetisi, dan memiliki kemampuan terbaik untuk membangun masa depan yang berkualitas. SOS Children’s Villages Indonesia memiliki komitmen untuk dapat membantu lebih banyak lagi anak muda dalam meraih cita-cita besar yang mereka impikan. Untuk itu, kami sangat berterima kasih kepada para pihak yang telah mendukung kami dalam mempersiapkan mental dan diri anak muda Indonesia,” kata Gregor Hadi Nitihardjo, National Director SOS Children’s Villages Indonesia.[rls]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares