hari ini :

Home » Lingkungan » Gerakan Hejo & Dispora Jabar, Tingkatkan Potensi Kepedulian Pemuda dalam Konteks Perbaikan Lingkungan Hidup

Gerakan Hejo & Dispora Jabar, Tingkatkan Potensi Kepedulian Pemuda dalam Konteks Perbaikan Lingkungan Hidup

EDUPUBLIK, Garut – Bertempat di Hotel Sabda Alam Kabupaten Garut sejak 17 hingga 19 Februari 2020 Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat berkolaborasi dengan Gerakan Hejo melakukan ‘joint pemberdayaan’ kepemudaan dalam konteks kepedulian dan peningkatan kualitas lingkungan hidup.

“Banyak cara untuk menggali potensi pemuda kita, salah satunya kali ini lebih dari 75 peserta sejabar, ara pemuda berkumpul di sini,” papar Eka Santosa, Ketua DPP Gerakan Hejo sesaat usai memberi sambutan dalam pembukaan acara pada Selasa, 18 Februari 2020.

Sementara itu mewakili Plh Kepala Dinas Pemuda dan Olahtaga Provinsi Jawa Barat, Drs. H. Muhammad Nizar, M.MPd memberikan sambutan seusai Eka Santosa mendedarkan program harian Gerakan Hejo dalam hal solusi ‘krisis lingkungan’ di Tanah Pajajaran yang luasnya sekitar 35.378 Km2.

“Bila tadi kata Kang Eka melalui risetnya dari DPKLTS  (Dewan Pemerhati Kehutanan & Lingkungan Tatar Sunda)  yang diinisiasi Pak Solihin GP ada sekitar 650.000 Ha lahan di Jabar yang mengalami krisis lingkungan. Tiada lagi yang harus berupaya memperbaikinya, ya dari kalangan pemuda sesuai dengan profesi dan kemampuannya. Saat ini Gerakan Hejo dengan kiprahnya, di antaranya mampu menghasilkan mesin pemusnah sampah yang ramah lingkungan. Ini prestasi besar bagi kita,” urainya yang didampingi rekan kerjanya dari institusi yang sama I Ketut Wiriada, S. Sos, M.Si.

Pada pihak lain Sekertaris Jenderal DPP Gerakan Hejo, Agus Warsito melalui forum ini para pemuda dan aktivis lingkungan yang hadir dari 19 Kota dan Kabupaten di Jawa Barat, melakukan penajaman dalam hal kepedulian lingkungan di daerahnya masing-masing.

“Harapannya, ilmu dan wawasan tentang penanganan ingkungan dari forum ini di Sabda Alam Garut, semoga bermanfaat secara langsung bagi daerahnya masing-masing,” pungkasnya. [HS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares