hari ini :

Home » Lingkungan » PT Pindad & PT. TOP Tekno Indo ‘Gerakan Hejo’ Teken MoU: Produksi Bareng Mesin Pemusnah Sampah & Penjernih Air

PT Pindad & PT. TOP Tekno Indo ‘Gerakan Hejo’ Teken MoU: Produksi Bareng Mesin Pemusnah Sampah & Penjernih Air

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Berlokasi di ruang Direktorat, komplek PT Pindad (Persero) Jl. Gatot Subroto No. 517 Kiaracondong, Bandung pada Rabu, 26 Februari 2020 telah berlangsung penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Abraham Mose selaku Dirut PT. Pindad (Persero), dengan Betha Kurniawan Direktur PT. Top Tekno Indo. Yang terakhir ini adalah produsen dua jenis mesin merek ‘Stungta’ Smokeless Incinerator (pemusnah sampah ramah lingkungan alias tanpa asap), dan ‘Stungta’ Water Treatment Plant (Instalasi Pengolahan/Penjernih Air).

Peristiwa fenomenal ini seperti dikatakan Abraham Mose, yang hari itu didampingi rekan kerjanya Wiweka Hermadi, Vice Presdent, dan Risen Delta, Manager Marketing & Business Development:

”Sudah lama sekali kita mengenal incinerator pemusnah sampah, namun hingga hari ini belum ada yang serius menanganinya, dan memenuhi syarat. Baru inilah rekan kita yang muda-muda ini Bung Betha Kurniawan, berhasil mewujudkan peralatan ini. Kami siap memproduksi secara bersama-sama. Termasuk ‘Stungta’ pengolah air bersih yang mobiling itu. Ini penting demi membenahi lingkungan kita. Pengolah air bersih, dalam keadaan bencana, sangatlah diperlukan,” kata Abraham Mose dengan gestur bungah.

Giliran Betha Kurniawan, ia memberikan sambutan kala itu dengan menggugah hadirin:”Cukup lama kami impikan, masa-masa indah seperti ini. Hampir dua tahun lalu kami lakukan tahap demi tahap, hingga hasilnya sudah ada di hadapan kita yakni dua type utama ‘Stungta’ untuk pemusnah sampah ramah lingkungan, dan satunya lagi ‘Stungta’ penghasil air bersih,” lagi tambahnya, yang selanjutnya mempersilahkan Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo –“Sebaiknya, Kang Eka saja meneruskan sambutan ini …apalagi para senior ini sudah sama-sama dahulu saling mengenal.”

“Bagi saya, Pak Abraham Mose ini tidaklah asing lagi, dulu sewaktu masih menjabat sebagai pimpinan di PT . LEN (Bandung). Kalaulah kita bertemu lagi saat ini, ini bukan kebetulan. Sepertinya, ini seperti sudah ada yang mengatur. Sekarang, melalui PT. Pindad dan PT. Top Tekno Indo serta Gerakan Hejo bisa sama-sama berusaha menanggulagi permasalah lingkungan, khususnya ‘darurat’ sampah di Jabar dan provinsi lain di Indonesia,” jelas Eka yang seketika menyudahinya –“Intinya, begini saja kapankah keluarga besar PT. Pindad akan hadir di Alam Santosa, Pasir Impun. Saya undang secara khusus …?”

Bagaikan gayung bersambut, spontan Abraham Mose menyambut gembira ajakan Eka Santosa:”Sesegera dan secepatnya, kita atur untuk gowes bareng ke Pasir Impun (3 Km ke atas dari LP Sukamiskin di Jl. Abul Haris Nasution, Bandung). Kebetulan, kalua tidak salah di tempat kerja ini ada direktur yang punya hobby gowes naik sepeda bareng, marilah kita ke sana …”

Produksi itu …

Betha Kurniawan seusai penandatanganan MoU ini kepada redaksi menyatakan, sesegera mungkin merealisasikan beberapa pesanan mesin pemusnah sampah ‘Stungta’ smokeless incinerator yang dipesn oleh beberapa instansi di pulau Jawa:

”Malah, beberapa di antaranya untuk segera memenuhi pesanan dari beberapa gubernur, bupati , dan walikota di luar pulau Jawa. Nah, jumlah tepatnya ini yang sedang kita hitung secara akurat,” ujarnya yang ditemani penasihat di bidang teknis yakni Goenawan Wybisana.

Sementara itu Agus Warsito, Sekjen DPP Gerakan Hejoyang turut hadir dalam penandatanganan MoU ini menyatakan rasa syukur, ini adalah tahapan yang kesekian kali, setelah dalam 2 tahun terakhir ini ‘Stungta’ lulus dari tahap ujian terberat mulai dari SNI (Standar Nasional Indonesia), KLHK RI, dan Uji baku mutu Sucofindo.

“Tahapan terberat itu menurut saya ‘Stungta’ bisa lolos dalam tiga pengujian tadi. Saat ini bersama PT. Pindad (Persero) dalam dua tahun pertama, akan bekerja sama dalam produksi termasuk pemasarannya kelak,” kata Agus Warsito sambil menjelaskan produknya selain bergaransi 3 tahun (all risk), juga dukungan penguasaan teknis bagi 2 orang operatornya, berikut kesiapan team service dan maintenance.

Di tempat berbeda ketua Gerakan Hejo Kabupaten Bandung Barat Shahadat Akbar, SE. menyambut gembira dengan adanya kerjasama PT Pindad & PT. TOP Tekno Indo ‘Gerakan Hejo’ dengan melakukan penandatanganan MoU: Produksi Bareng ‘Stungta’, Pemusnah Sampah & Penjernih Air.

Shahadat Akbar mengatakan, “Ini sangat luar biasa kita lakukan, gerakan cepat demi untuk persoalan pemusnahan sampah , yang selama ini menjadi persoalan yang tak berujung, mudah mudahan ini juga ditangkap baik dengan cerdas oleh para pemangku kebijakan untuk merealisasikan alat tersebut di setiap kabupaten kota”, pungkasnya [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares