hari ini :

Home » Lingkungan » Sektor 21-17 Usai Lebaran Lanjut Bersihkan Sungai dan Angkat Sedimen Sebanyak 45 Karung

Sektor 21-17 Usai Lebaran Lanjut Bersihkan Sungai dan Angkat Sedimen Sebanyak 45 Karung

EDUPUBLIK, Kab Bandung– Usai Lebaran Idhul Fitri lanjut kegiatan Anggota Satgas Citarum Sektor 21 Subsektor 17 Solokan Jeruk dengan penuh tanggung jawab bersama tim pelopor kebersihan atau Gober masih konsisten dalam melakukan upaya mengembalikan kelestarian dan ekosistem sungai yang berada di wilayah Kecamatan Solokan Jeruk.

Usai melaksanakan apel pagi, mulai pada pukul 07.30 wib, Rabu (27/5/2020) Satgas Subsektor 17 Solokan Jeruk bersama warga pelopor kebersihan melaksanakan pengangkatan sedimen pembersihan sampah dan rumput di sungai kampung Lembang Bagus Rt 02 Rw 07 desa Cibodas kecamatan Solokanjeruk kabupaten Bandung.

“Rutinitas kegiatan seperti biasa, pembersihan dilakukan sejak pagi hari, anggota satgas dibantu warga pelopor kebersihan melaksanakan pengangkatan sedimen, pembersihan sampah dan rumput di aliran sungai sekitar wilayah desa Cibodas, sedimen yang di angkat kurang lebih 45 karung, di sepanjang sungai”,ujar anggota satgas Citarum subsektor 17 Serma Agus Sumarna.

Masih kata Serma Agus Sumarna,
“Kami sekitar pukul 13.00 wib. melaksanakan  kegiatan patroli limbah di sekitar desa Solokanjeruk jalan raya Rancaekek-Majalaya Km 03 sampai dengan Km 07 kecamatan Solokan Jeruk, patroli di sungai Citarik ini kami mencegah agar supaya aliran sungai citarik dan anak sungai tidak tercemar oleh limbah pabrik dan sampah, namun pada saat ini kondisi sungai kering”, katanya.

Dan pada pukul 15.00 wib, usai melaksanakan patroli dan pembersihan di sungai, Satgas Subsektor 17 Solokan Jeruk melanjutkan kegiatan sosialisasi dengan melakukan komunikasi sosial kepada warga di sekitar bantaran sungai.

“Satgas menemui masyarakat dari pintu ke pintu rumah warga melaksanakan sosialisasi di sekitar wilayah bantaran sungai di desa Solokanjeruk, menyampaikan tentang bahaya limbah industri dan memperingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai dan ikut mendukung program citarum harum, karena masyarakat lah yang akan menjaga lingkungan nya itu sendiri,” pungkas Serma Agus Sumarna.

Komsos (komunikasi sosial) yang di mulai pada pukul 15.00 wib, para anggota satgas Citarum subsektor 17 Solokan Jeruk ini menyambangi warga di antaranya yaitu bapak Acin dan Karma di kampung Sogar Rt 04 Rw 07 desa Solokanjeruk kecamatan Solokanjeruk kabupaten Bandung.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares