hari ini :

Home » Lingkungan » Sektor 21-13 Respon Cepat Tanggulangi Musibah Longsor di Melong Cimahi

Sektor 21-13 Respon Cepat Tanggulangi Musibah Longsor di Melong Cimahi

EDUPUBLIK, Cimahi – Respon cepat penanggulangan musibah longsor yang terjadi di lokasi bantaran aliran sungai Cikendal tepatnya menimpa rumah bapak Andung warga kampung Citopeng Rt.05 Rw.22 kelurahan Melong Cimahi Selatan pada hari Sabtu (06/06/2020) sekitar pukul 18.00 wib. dimana satgas Citarum Harum sektor 21 Cimahi Selatan, dibawah komando Dansektor 21 Kolonel Inf Yusep Sudrajat melaksanakan kerja bakti.

“Hari ini adalah penanggulan sementara menggunakan karung yg berisikan pasir sudah mencapai hasil sepanjang 10 meter dengan ketinggian yang sudah diurug sekitar 5 meter dan 500 karung untuk tanggul dilokasi longsor tersebut,” lapor salah seorang satgas Citarum Harum Sektor 21 subsektor 13 Cimahi Selatan saat memberikan keterangan dalam laporannya.

Menurut satgas, kegiatan dibantu warga masyrakat setempat dan personil DPKP Cimahi Selatan untuk melakukan penanganan penanggulan sementara dengan karung berisi pasir dan batu sebagai antisipasi agar bangunan rumah warga yang berdekatan dengan sungai tidak terbawa longsor, penanggulan sementara yg melibatkan dlm kegiatan tersebut:

Kegiatan ini melibatkan 8 Personil satgas Citarum Harum sektor 21 Cimahi selatan dan 7 Orang Gober Cimahi Selatan, 17 Personil DPKP Kota Cimahi, Kasi Sapras ( ASN ) Kel melong( ibu Eva dan bapak Ateng ), Bapak Dian / Amin ( BPBD Kota Cimahi), Akhir selaku Babinsa Koramil 0908 dan Dadang selaku Bimas Polsek Cimahi Selatan, Ketua Rw. 22 bapak Kusa, dan warga masyarakat Rt.05 Rw.22 kelurahan Melong Cimahi Selatan.

Satgas mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah meminimalisir terjadi longsor susulan yang bisa mengakibatkan warga sekitar sungai. “Setiap musim penghujan arus air sungai Cikendal sangat deras,” katanya. “Kami juga berharap seluruh lapisan masyarakat untuk ikut berperan serta proaktif dalam menjaga dan berupaya memelihara kelestarian lingkungan,” lanjutnya lagi.

Kegiatan ini telah dilaporkan oleh Komandan sektor 21 satgas Citarum Harum Kolonel Inf. Yusep Sudrajat kepada PAngdam III Siliwangi dan tembusan kepada Kasdam III dan Aster Kasdam III SIliwangi.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares