hari ini :

Home » Edukasi » FGD PHBS Hadir Mayjen (purn) Dedi H.Tamim Selaku Ketua Harian Satgas Citarum Harum

FGD PHBS Hadir Mayjen (purn) Dedi H.Tamim Selaku Ketua Harian Satgas Citarum Harum

EDUPUBLIK, Kabupaten Bandung –Dalam rangka sosialisasi Perilaku Hidup Sehat (PHBS) kepada masyarakat luas, Diskominfo Provinsi Jawa Barat bekerjasama dengan Humas satgas Citarum Harum menggelar Forum Diskusi (FGD) di aula serbaguna kampung Cibangkonol Wetan Rt.01 Rw.19 No. 29 desa Cibiru Wetan kecamatan Cileunyi pada hari Selasa (23/06/2020).

“Dana yang telah diturunkan dalam rangka program Citarum harum telah turun 100 %, namun akibat pandemi Covid 19 sekitar 86% alokasinya dialihkan untuk membantu penanganan wabah ini hingga tersisa 14%. Namun kami akan tetap konsisten dengan apa yang harus kami lakukan,” kata Dedi H. Tamim selaku Ketua Harian Satgas Citarum Harum saat dimintai keterangan oleh para awak media usai acara FGD PHBS di Cibiru.

Dalam acara yang dihadiri Mayjen (purn) Dedi H. Tamim selaku Ketua Harian Satgas Citarum Harum, Camat Cibiru, 4 Lurah di kelurahan Cibiru. para perangkat desa serta para tokoh dan ibu-ibu PKK, Babinsa serta Babinkamtibmas dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya Camat Cibiru mengungkapkan bahwa dilingkungannya beberapa kelurahan telah menjalankan beberapa program yang sangat terkait dengan penanganan Covid 19 dan sampah serta kebersihan sungai.

Sementara itu dalam paparannya, Dedi menegaskan bahwa perilaku hidup sehat harus menjadi kehidupan dalam keseharian warga. “Citarum Harum Hadir akibat perilaku warga yang tidak peduli dengan lingkungan. Otomatis mereka tidak peduli juga dengan kesehatan mereka,” paparnya. “Apalagi dalam kondisi pandemi covid 19 saat ini. Perilaku hidup sehat penting diterapkan dalam kehidupan masyarakat,” lanjutnya lagi.

Dedi juga menyarankan agar warga yang memiliki lahan tidak terpakai berkenan untuk menjadikan lahannya sebagai septictank komunal. “Permasalahan kotoran limbah lokal juga menjadi permasalahan akut dan perlu solusi bersama. Jadi warga juga harus memahami ini hingga ada kesadaran untuk melakukan sikap-sikap yang positif terkait pola hidup bersih didalam lingkungan sekitarnya,” kata Dedi.

Hadian S. selaku Lurah Cibiru Wetan dan tuan rumah kegiatan mengungkapkan beberapa program terkait perilaku hidup bersih dan wabah covid 19. “Kami sudah memiliki divisi khusus terkait sosialisasi covid 19,” pungkas Hadian.[red/bn]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares