hari ini :

Home » Ragam » Lemahnya Kinerja Pengawasan Pertamina Distribusi dan Kosumsi Gas Elpiji Subsidi 3 kg

Lemahnya Kinerja Pengawasan Pertamina Distribusi dan Kosumsi Gas Elpiji Subsidi 3 kg

EDUPUBLIK, Bandung Barat – Sebagaimana Ketentuan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral No.61 K/12/MEM/2019 Tentang Harga Patokan LIQUEFIED PETROLEUM Gas Tabung 3 Kilogram Tahun Anggaran 2019, Peranan kinerja Team Pengawasan Daerah khusunya Pihak Pertamina sebagai Regulator atas Regulasi yang ada masih jauh apa yang diharapkan dan dirasakan atas azas keadilan khususnya bagi masyarakat Bandung Barat bahkan menduga lemah tidak berfungsi.

Sebagaimana pemberitaan di media Liputan 6 (31/7/2019) Marketing Operation Region (MOR) III ‎dan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, menggelar inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah restoran di wilayah tersebut.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III Dewi Sri Utami mengatakan,‎ kegiatan ini sebagai upaya memastikan alokasi Elpiji subsidi 3 kilogram (Kg) tepat sasaran.

“Sebagai BUMN, yang menjalankan tugas Public Service Obligation dari pemerintah untuk mendistribusikan Elpiji subsidi, Pertamina proaktif bersama Pemda, Disperindag dan aparat setempat dalam pengawasan distribusi Elpiji subsidi. Sehingga penggunaannya bisa tepat sasaran”.

Hal diatas tersebut dikatakan Bambang Irawan yang disapa BI selaku koordinator GOBAR (LMP, GRIB, GMBI, GEMPA, BOM, LGSP,KERISTA,GMP LING, GEMPUR, BARESAN HEJO) selaku Gerakan organisasi masyarakat Bersatu, “hanya bersifat parasit belaka yang tidak jelas tindak lanjutnya dilakukan oleh Team Pengawasan Pertamina dan Pemerintah Daerah, karena sampai dengan sekarang masih banyaknya pendistribusian dan kosumsi Gas Elpiji 3 Kg yang tidak tepat sasaran dan tidak sesuai sebagaimana ketentuan yang berlaku, apalagi di tengah kondisi sekarang ini penyebaran wabah covid 19 dengan tersumbatnya sendi perekonomian bagi masyarakat dengan Liarnya harga HET Tabung Gas 3 Kg, kalau perlu bukti yuu GOBAR siap mengajak Sidak Bareng”, ujar Bambang, Senin (10/8/2020).

Masih kata Bambang, “Atas dasar panggilan moral, kami GOBAR selaku sosial kontrol dan mempunyai tanggungjawab moral terhadap masyarakat khususnya peran Pertamina selaku bagian dari Team Pengawasan harus lebih peka dan berperan aktif atas dasar amanat sebagaimana ketentuan yang berlaku, kami GOBAR akan terus bergerak secara masif dan berencana akan melakukan Aksi Unjuk Rasa ke Pertamina”, pungkasnya.[red].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares