hari ini :

Home » Lingkungan » Pembersihan Sungai Cirasea Oleh Sektor 21- 9 Satgas Citarum Harum di Desa Pakutandang

Pembersihan Sungai Cirasea Oleh Sektor 21- 9 Satgas Citarum Harum di Desa Pakutandang

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Agenda kegiatan Anggota Satgas Citarum Harum yaitu karya Bakti (karbak) membersihkan sampah dan rumput liar di aliran dan bantaran sungai bersama warga, serta patroli sungai dan komsos dilaksanakan oleh prajurit satgas Citarum Harum Sektor 21 Subsektor 09 Ciparay pada Selasa (8/9/2020).

“Pemungutan membersihkan sampah dan rumput liar di aliran sungai, Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi banjir dari sungai ketika musim hujan yang di akibatkan oleh menumpuknya sampah di sungai,” kata Dansubsektor 9 Ciparay saat memberikan keterangan kepada awak Media.

Dalam keterangannya, Dansubsektor 9 mengungkapkan bahwa kegiatan sudah dilaksanakan sejak pukul 07.30 wib, dengan melaksanakan apel pagi pengecekan personel, “Pukul 08.00 wib kami melaksanakan kegiatan pembersihan bantaran di sungai Cirasea di kampung Sekesalam Rt 01 Rw 12 desa Pakutandang kecamatan Ciparay kabupaten Bandung, dengan hasil 80 m² pembersihan bantaran 25 kg pemungutan sampah”,kata Dansubsektor 9. Dan setelah selesai, dilanjutkan kegiatan patroli di Rt 01 Rw 07 desa Manggungharja kecamatan Ciparay.

Sekitar pukul 11.30 wib. satgas rehat sejenak dan melaksanakan kegiatan Isoma hingga pukul 13.00 wib. dan berlanjut dengan giat komsos (komunikasi sosial) di wilayah kampung Manggung Lebak Rt 01 Rw 09 desa Manggungharja kecamatan Ciparay.

“Selaku satgas Citarum kami pun menghimbau warga dan memberikan wawasan tentang kesehatan dan kebersihan di sekitar lingkungannya serta jangan membuang sampah di aliran sungai cirasea”, kata Dansubsektor 9.

Dansubsektor 9 Juga menyebutkan beberapa warga yang disambangi oleh satgas dalam melakukan komsos di kampung Manggung Lebak Rt 01 Rw 09 desa Manggungharja kecamatan Ciparay, yaitu kepada bapak Dadan dan ibu Yuni, “Setelah melakukan komsos, kami lanjutkan berpatroli guna mengawasi sungai untuk memastikan airnya tidak tercemar oleh limbah pabrik-pabrik dan memastikan masyarakat untuk tidak membuang sampah ke area sungai agar tercipta lingkungan yang Bersih,” pungkasnya. [red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares