hari ini :

Home » Lingkungan » Sektor 2 Dampingi Program SANIMAS di Desa Resmitinggal, Progres 82 Persen

Sektor 2 Dampingi Program SANIMAS di Desa Resmitinggal, Progres 82 Persen

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Program SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat) merupakan bentuk inisiatif untuk penyediaan prasarana dan sarana air limbah tanggap kebutuhan. Fokus kegiatan SANIMAS adalah penanganan air limbah domestik rumah tangga.

Melalui pelaksanaan Sanitasi Berbasis Masyarakat ini masyarakat memilih sendiri prasarana dan sarana air limbah domestik sesuai kebutuhannya, mulai dari membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), menyusun rencana kerja masyarakat (RKM), melaksanakan pembangunan fisik serta membentuk Kelompok Pemanfaatdan Pemelihara (KPP) untuk melaksanakan pengelolaan kegiatan operasi dan pemeliharaan.

Dalam hal ini desa Resmitinggal kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung mendapatkan program Pengolahan air Limbah Domestik Citarum Harum, dalam pembangunannya dilaksanakan oleh KSM Batu Kakapa yang juga di awasi dan di dampingi langsung oleh Satgas Citarum Harum Sektor 2

Dengan pembangunan sanimas ini Air limbah dari setiap rumah akan disalurkan melalui jaringan perpipaan menuju bangunan IPAL, selanjutnya air limbah diolah dengan sistem pengolohan secara biologis.

Saat di temui awak media ketua KSM Batukakapa Dadan Sofian mengatakan bahwa programi ni bernilai 500 juta rupiah yang di bangun di atas lahan hibah dari warga dan dikerjakan dengan sistem padat karya bersama warga masyarakat, lokasi pembangunan sanimas yaitu di Rt 3 Rw 7 kampung Penclut desa Resmitinggal kecamatan Kertasari, Rabu (23/9/2020).

Lanjut Dadan, “Alhamdulilah kami masyarakat resmi tinggal mendapat bantuan pembangunan program Sanimas Citarum Harum yang juga diawasi serta didampingi langsung oleh Satgas Citarum Harum Sektor 2”,ujarnya.

“Progres pembangunan sampai hari ini sudah 82 persen yang diperuntukan untuk warga masyarakat di desa resmi tinggal untuk kebutuhan bagi 76 kepala keluarga dan ini mudah mudahan bermanfaat bagi warga kami ,dan harapannya agar program ini terus berkesinambungan”,ucapnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares