hari ini :

Home » Lingkungan » Progres Sanimas Desa Cihanjuang di Wilayah Sektor 21-15 Satgas Citarum

Progres Sanimas Desa Cihanjuang di Wilayah Sektor 21-15 Satgas Citarum

EDUPUBLIK, Sumedang – Desa Cihanjuang kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang mendapat 2 sekaligus program pembangunan SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat), ini merupakan program Kementerian PUPR dalam mendukung program Citarum Harum TA 2020. Titik lokasi pembangunan Sanimas yaitu di dusun Bunter Rt 2 Rw 2 dan dusun Cijaringao Rt 2 Rw 7, Kamis (1/10/2020).

Untuk pengerjaan proyeknya, dilakukan oleh masyarakat setempat melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat), pembangunan sanimas di dusun Bunter Rt 2 Rw 2 oleh KSM Bunter Bersinar dan di dusun Cijaringao Rt 2 Rw 7 oleh KSM Hanjuang Bersih, dengan nilai proyek masing-masing sekitar 500 juta, target pembangunan selama 5 bulan.

Untuk saat ini pembangunannya dalam pengawasan dan pendampingan Satgas Citarum Harum di wilayah Sektor 21-15 Desa Cihanjuang kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang.

Salah satu pengurus KSM yang berhasil di temui awak media yaitu KSM Bunter Bersinar Nanang Triono Wibowo selaku ketua dan mengatakan bahwa programi ini bernilai 500 juta rupiah yang di bangun di atas lahan tanah hibah warga dan dikerjakan dengan sistem padat karya bersama warga masyarakat.

Lanjut Nanang, “Alhamdulilah progres pembangunan sudah mencapai 50 sampai 60 persen, tapi untuk pembuatan bak sudah 90 persen dan hampir beres, juga dua hari kedepan dari sekarang kita sedang melakukan pemasangan jalur pipanisasi, dan dikerjakan dengan sistem padat karya bersama warga masyarakat serta dengan kondisi wabah Covid 19 sekarang para pekerja tetap mengunakan protokol kesehatan” ,ujarnya.

Masih pada kesempatan yang sama dansubsektor 21-15 Serka Eri. K memaparkan, “Di desa Cihanjuang ini ada dua lokasi pembangunan sanimas program Citarum Harum yang tempatnya berada di dusun Bunter dan dusun Cijaringao dimana kami dari Satgas Citarum Harum selalu melaksanakan kegiatan pengawasan dan pendampingan, bahkan tidak hanya itu, kami juga ikut membantu pelaksanaan pekerjaan di program Sanimas Citarum harum di 2 lokasi desa Cihanjuang ini”,pungkasnya.

Pada waktu yang sama kepala desa Cihanjuang Yuyus Yusuf terkait program sanimas, mengatakan, “Kami sangat berbangga dan merasakan bahwa saat ini warga masyarakat yang tadina sangat memerlukan sekali keberadaan program sanimas, ternyata Cihanjuang untuk tahun 2020 ini mendapatkan dua titik program pembangunan sanimas”.

Masih kata Yuyus Yusuf, “saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim Citarum Harum Sektor 21-15 yang selalu mendukung dalam kegiatan ini dari 0 persen sampai sekarang sudah berjalan 60 persen, saya juga ucapkan terimakasih kepada Kementrian PUPR yang di pusat yang telah menggelontorkan anggaran untuk program Sanimas tersebut, dan muda mudahan bahwa warga masyarakat yang berada di Rw 2 dusun Bunter dan Rw 7 dusun Cijaringao sebagai penerima manfaat akan selalu tetap memelihara dari pada hasil atau pasca dari pada kegiatan pembangunan Sanimas tersebut”, ucapnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares