hari ini :

Home » Lingkungan » Progres Sanimas Desa Citeureup di Wilayah Sektor 6-10 Satgas Citarum

Progres Sanimas Desa Citeureup di Wilayah Sektor 6-10 Satgas Citarum

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Desa Citeureup kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung mendapat 1 program pembangunan SANIMAS (Sanitasi Berbasis Masyarakat), ini merupakan program Kementerian PUPR dalam mendukung program Citarum Harum TA 2020. Titik lokasi pembangunan Sanimas yaitu di jalan Pasigaran RT 05 RW 09 Desa Citeureup, Senin (12/10/2020).

Untuk pengerjaan proyeknya, dilakukan oleh masyarakat setempat melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat), pembangunan sanimas di jalan Pasigaran RT 05 RW 09 Desa Citeureup oleh KSM Citra Sejahtera, dengan nilai proyek masing-masing sekitar 500 juta, target pembangunan selama 175 hari.

Untuk saat ini pembangunannya dalam pengawasan dan pendampingan Satgas Citarum Harum di wilayah Sektor 6 -10 Desa Citeureup kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung.

Salah satu pengurus KSM yang berhasil di temui awak media yaitu KSM Citra Sejahtera Tito Wiguna selaku ketua dan mengatakan bahwa programi ini bernilai 500 juta rupiah yang di bangun di atas lahan tanah Carik dan dikerjakan dengan sistem padat karya bersama warga masyarakat.

Lanjut Tito, “Salah satu program dari Citarum harum yaitu sanimas atau pembuatan septic tank komunal, sampai hari ini progres pembangunan sudah 70 persen yang pada kenyataanya memang disesuaikan dengan jumlah penarikan dana yang dialokasikan langsung dari APBN, dan mungkin yang boleh di banggakan oleh kita KSM Citra Sejahtera yaitu menggunakan kontak air asi, dan baru desa Citeurep yang memang baru berhasil menggunakan tekhnologi tersebut dan dikerjakan dengan sistem padat karya bersama warga masyarakat serta dengan kondisi wabah Covid 19 sekarang para pekerja tetap mengunakan protokol kesehatan” ,ujarnya.

Masih pada kesempatan yang sama dansubsektor 6 -10 Praka Ihksan memaparkan, “kami mewakili dansektor 6 dimana kami dari Satgas Citarum Harum selalu melaksanakan kegiatan pengawasan dan pendampingan program Sanimas ini, mudah mudahan program ini berjalan dengan baik dan maksimal serta nantinya warga dapat merasakan dengan adannya program sanimas ini juga agar kedepanya dapat di tingkatkan ke wilayah yang lainnya”,pungkasnya.

Pada waktu yang sama sekertaris desa Citeureup Oom Permana terkait program sanimas, mengatakan, “terimakasih pada pihak pemerintah pusat yang telah memfasilitasi pelaksanaan program sanimas ini, juga rekan KSM yang berjibaku melaksanakan kegiatan ini, besar harapan kami kegiatan ini akan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar yang kurang lebih ada 74 sasaran rumah yang mencakup hampir 104 KK (kepala keluarga) dari program sanimas ini”.

Masih kata Oom, “Ini berkaitan erat dengan program Citarum harum yang menjadi program unggulan di desa Citeureup ini kita juga dapat memberikan edukasi pada masyarakat bahwa nanayinya limbah domestik ini harus kita tangani segera mungkin, serta kita juga telah melaksanakan program jamban sehat di wilayah Rw 6 yang Alhamdulillah hampir 19 sasaran rumah juga telah kita laksanakan, besar harapan kami kedepankan agar program ini terus berkelanjutan di titik titik yang lain “ucapnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares