hari ini :

Home » Hukum » Yasonna Laoly Menkumham Kunjungi Alam Santosa, Ozenk: Rileks Acaranya

Yasonna Laoly Menkumham Kunjungi Alam Santosa, Ozenk: Rileks Acaranya

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Suasana pertemuan (15/10/2020) dua hari menjelang kehadiran Menkumham Yasonna Laoly ke kediaman Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo yang sehari-hari tinggal di Alam Santosa di Pasir Impun, Cikadut Cimenyan Kabupaten Bandung, berlangsung ringan, malah terkadang diisi gelak tawa.

Pasalnya, Agung Aribawa Kabag Protokol & Pengamanan Kemkumham yang datang dari Jakarta khusus mempersiapkan kehadiran Yasonna Laoly bertemu sahabatnya sejak lama, Eka Santosa yang sudah dua kali berkunjung ke Alam Santosa, buka suara:

”Ketika saya dan tim mengklarifikasi ke Pak Mentri di Jakarta, acara apa ini ? Kenapa ada peresmian desa wisata segala? Lalu ada BNN Jabar yang ngurus narkotika, tapi ada Divre Jabar-Banten Perum Perhutani segala, ada tradisi budaya Sunda dan Nias?” jelas Agung Aribawa sambil meninggalkan tanya – “Koq aneh ya, campur aduk acara apa ini?”

Tak pelak ujaran Agung Aribawa disambut gelak tawa puluhan peserta rapat bersama antar para pihak yang akan menyambut, atau menyajikan acara terbilang unik, Yasonna Laoly meresmikan destinasi desa wisata di Desa Cikadut Kawasan Ekowisata dan Budaya Alam Santosa pada Sabtu, 17 Oktober 2020, plus BNN Jabar menjadikan Desa Cikadut sebagai Desa Bersinar (Bersih Narkoba), lalu menjadikan learning center untuk lingkungan hidup dan seni budaya.

Yang unik itu menurut Kang Ozenk yang punya nama resmi Deni Tudirahayu selaku Wakil Ketua Bidang Seni dan Budaya DPP Gerakan Hejo, acara ini memang bersifat campur aduk dan sedikit ngalieurkeun siapa pun orang yang ingin memahaminya, apalagi Pak Menkumham awalnya ingin menginap di Alam Santosa:

”Tapi tentunya akan dibuat semanis mungkin dan tidak kaku. Kan yang hadir menyertai Pak Menkumham ada Kang Emil (Ridwan Kamil) Gubernur Jabar, Bupati Bandung Dadang Naser, Kadivre Jabar-Banten Perum Perhutani Dicky Yuana Rady, dan Kepala BNNP Jawa Barat Brigjen (Pol) Sufyan Syarif, termasuk Ibu Listati selaku tuan rumah Kepdes Cikadut,” ujar Kang Ozenk sambil menambahkan – “Pokoknya, acaranya akan dibuat serileks mungkin, namun tak meninggalkan esensinya, sembari mengutamakan protokol kesehatan covid-19 ini.”

Yang dimaksud esensi acara ini menurut Eka Santosa, Desa Cikadut dan Alam Santosa semakin solid untuk dijadikan sebagai destinasi desa wisata yang berunsur tradisi budaya Nusantara. “Lanjutnya, pencanangan BNNP Jabar menjadikan desa ini menjadi yang ke-56 yang masuk binaan Desa Bersinar (Bersih Narkoba), ini salah satu esensi itu,” kata EKa Santosa dengan menambahkan – “Lalu, MoU Gerakan Hejo dengan Divre Jabar Banten Perum Perhutani, ini hal penting mengembangkan desa wisata dan pemberdayaan ekonomi warga, di sini dan di Jabar.”

Alhasil rapat lengkap yang rencananya akan dilanjut dengan pertemuan terakhir pada Jumat sore (16/10/2020) di Alam Santosa, masih dalam kerangka kehadiran Menkumham Yasonna Laoly, semua sepakat:”Ya, kita jalani saja dengan tanpa banyak tekanan. Tadinya, saya deg-degan tetapi melalui rapat lengkap hari ini, semakin plong karena ternyata Pak Menteri datang ke Pak Eka ini inginnya untuk santai dan bernostalgia,” kata Listati . [HS]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares