hari ini :

Home » Pemerintahan » Kegiatan Program Kotaku di Kelurahan Andir Baleendah

Kegiatan Program Kotaku di Kelurahan Andir Baleendah

EDUPUBLIK, Kab Bandung – Kegiatan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku), yakni dilaksanakan di kelurahan Andir Kecamatan Baleendah kabupaten Bandung, Rabu (28/10/2020). Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR).

Program tersebut untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. Lokasi kegiatan saat ini di kampung Sukamelang Rt 2, 3, 4, 9 RW 12 Andir.

Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas).

Untuk pengerjaan proyeknya, dilakukan oleh masyarakat setempat melalui KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat), pembangunan program kotaku di kampung Sukamelang Rt 2, 3, 4, 9 RW 12 kelurahan Andir oleh KSM Sukamelang Sabilulungan, dengan keseluruhan nilai proyek Satu milyar, target pembangunan sampai 22 Desember 2020.

Pada kesempatannya ketua KSM Sukamelang Sabilulungan Agus Setiawan saat ditemui di lokasi proyek menjelaskan”,Di sini meliputi program kotaku diantaranya SAB 3 titik MCK septic tank komunal sama drainase dan gapura, dasarnya ada program kotaku disini karena mungkin di sini daerahnya krisis air kalau kemarau, kalau musim penghujan suka ada air dari gunung, alhamdulilah dengan adanya program kotaku harapan saya selaku ketua KSM air bersih bisa tertangani untuk kepentingan warga juga mungkin air bah di kala hujan dari pegunungan bisa melewati drainase yang baik, juga perlu diingat bahwa program Kotaku ini di selenggarakan dengan padat karya melibatkan masyarakat”, ucapnya.

Masih pada tempat yang sama Asep selaku tim pendamping, dengan Jabatan senior fasilitator tim 2 Kabupaten Bandung mengatakan, “Kebetulan saya membawahi atau mendampingi kelurahan Andir, program kotaku yang untuk di kelurahan Andir sendiri untuk tahun 2020 itu jatuh pada Rw 12 dan namun di dalamnya tidak semua Rt itu juga dapat karena berdasarkan pendataan review bestland yang dilaksanakan di awal 2020, ternyata untuk kelurahan Andir jatuh pada Rw 12, dengan angaran total senilai satu miliar, dan juga harapan kami program kotaku ini selalu dapat bermanfaat bagi warga masyarakat”, Ujarnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares