hari ini :

Home » Ekonomi » Sekretaris Kemenkop UKM Berharap UMKM Kembali Bangkit

Sekretaris Kemenkop UKM Berharap UMKM Kembali Bangkit

EDUPUBLIK, Bandung – Satu tahun kinerja Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf telah sukses menjalankan ekonomi kerakyatan, hal ini dikatakan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM), Rully Indrawan, Jumat (30/10/2020).

Pelaku usaha nasional yang termasuk di dalamnya UMKM adalah bagian dari pada Ekonomi kerakyatan yang juga memiliki kontribusi penting dan strategis.

“Hal tersebut harus kita akui bahwa pelaku usaha atau UMKM terkena dampak luar biasa di tengah pandemi, di mana 90 persen mengalami kemandegan dan 50 persen diantaranya mengalami kesulitan finansial,” ucap Rully di Hotel Aryaduta Bandung.

Lanjut Rully menjelaskan, APBN dan ekonomi penting di luar kesehatan dan jaring pengaman sosial, di mana UMKM perlu mendapat pinjaman baru, bantuan LPDB untuk koperasi adalah langkah yang bisa dilakukan, “Sejak tahun 2008, ada 18 Kementerian yang berkerja sama untuk mengurus UMKM untuk saling bersinergi dalam mengerjakan banyak hal”,Ujarnya.

“UMKM telah menghidupi jutaan masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari hari, namun saat ini menjadi yang terdampak luar biasa, sehingga tidak ada waktu untuk berleha-leha, perlu sebuah tindakan”,terangnya.

Rully juga berharap bahwa UMKM akan kembali bangkit, begitupun dengan koperasi yang perlu diperkuat dengan digitalisasi sehingga memberikan penguatan untuk skala usaha menengah.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares