hari ini :

Home » Ekonomi » DPD KNPI Jabar Gelar Pekan Industri Kreatif Pemuda Jabar 2020

DPD KNPI Jabar Gelar Pekan Industri Kreatif Pemuda Jabar 2020

EDUPUBLIK, Bandung – Pekan Industri kreatif Pemuda Jabar 2020 yang di selenggarakan Oleh DPD KNPI Jawa Barat dengan rangkaian acara yaitu Expo dan pemberian penghargaan terhadap inovasi produk industri kreatif pemuda Jabar serta talk show bertema “E-Craft tetap tumbuh di tengah pandemi, berpengaruhkah bagi pertumbuhan ekonomi nasional?”, Bertempat di gedung kertanegra DPD KNPI Jabar, Jl. Soekarno Hatta No. 623 Bandung, Senin, (23/11/ 2020).

Hadir dalam acara tersebut Prof. Dr. H. Rully Indrawan, M.Si Sekretaris  Kementrian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Rio F Wilantara Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Ida Hindarsyah Divisi Koperasi & UKM Paguyuban Pasundan, TB Fiki C. Satari Ketua Umum Indonesia Creative Cities Network (ICCN), Reza Arfah Founder Dream Hub, Arief Budiman Dosen Bisnis Internasional & Manejemen UKM UPI Tasikmalaya dan para peserta pelaku industri kreatif muda Jabar.

Kementerian Koperasi dan UKM Rully Indrawan mengatakan, pelaku usaha harus sabar, tahan banting, dan kreatif saat pandemi Covid-19.

Menurut dia, pelaku usaha harus bisa melakukan diversifikasi usaha. Jika usaha yang satu mati, maka bisa gerakkan usaha yang lain.

“Kreatifitas itu tidak boleh mati. Itulah pesan Menteri Koperasi dan UKM yang harus kita ingat dan pegang,” kata Rully saat membuka Pekan Industri Kreatif Muda Jabar 2020 di Bandung,

Rully memberikan apresiasi terhadap KNPI Jabar yang tetap membangun soliditas di tengah pandemi Covid-19.

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Jawa Barat, Rio F Wilantara menjelaskan bahwa inisiatif program ini, didasari perkembangan industri kreatif di Indonesia yang cukup signifikan. Apalagi, dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang belum tahu kapan selesainya.

“Di tengah kondisi demikian, industri kreatif, menjadi pilar penopang bagi kalangan Usaha Kecil Menengah (UKM),” ujar Rio.

Dikatakan Rio, UMKM merupakan tulang punggung bagi perekonomian Indonesia. Karenanya, dalam kondisi menurunnya perekonomian Indonesia akibat pandemi, diperlukan kreatifitas dari wirausaha muda, khususnya para pelaku UKM.

Rio menambahkan, dalam rangka menghadapi persaingan global, ke depan diperlukan perpaduan UMKM dengan industri kreatif.

“Harapannya tentu pandemi ini cepat berakhir dan hal-hal yang berkaitan dengan recovery kesehatan dan perekonomian kembali pulih seperti sedia kala,” ucapnya.

Di penghujung acara DPD KNPI Jabar memberikan penghargaan kepada pelaku usaha pemuda di daerah sebagai inovator industri kreatif diantaranya pengrajin jamur dan olahan dari kabupaten Bandung Barat, Akar Wangi dari Garut, Golok dari Subang, Batik dari Bekasi, juga pengrajin bahan dasar Bambu dari kota Sukabumi,

Pada kesempatan yang sama Marien  Nadila salahsatu peserta yang mendapat penghargaan inovator industri kreatif dengan produk jamur tiram dan olahanya dari Cisarua kabupaten Bandung Barat mengatakan, “saya bangga mendapat penghargaan ini dari DPD KNPI Jabar, ini memotivasi saya untuk lebih baik lakukan pengembangan budidaya jamur tiram kedepanya, dan berharap juga kepada pihak pemerintah pusat maupun daerah dapat juga bemberikan bantuan untuk pengembangan industri kreatif bagi kaum muda”,ujarnya.[red]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares