hari ini :

Home » Lingkungan » Gerakan Hejo & Kanwil Kemenkumham Jabar Rintis Kerjasama Kembangkan Hidroponik & Olah Sampah ‘Stungta’

Gerakan Hejo & Kanwil Kemenkumham Jabar Rintis Kerjasama Kembangkan Hidroponik & Olah Sampah ‘Stungta’

EDUPUBLIK, Kota Bandung – Eka Santosa, Ketua Umum DPP Gerakan Hejo menindaklanjuti kehadiran Mentri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly (17/10/2020) ke Kawasan Alam Santosa di Pasir Impun, Cimenyan Kabupaten Bandung, pada Rabu, 13 Januari 2021 seakan membalas kunjungan sahabat lamanya Yasonna H Laoly, hadir beraudiensi dengan Imam Suyudi Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar di Jl. Jakarta No. 27 Bandung.

“Hari ini dari Gerakan Hejo kami perkenalkan ke Pak Imam Suyudi dan jajarannya dua program utama, pengembangan aplikasi urban farming atau bercocok tanam ala hidroponik, yang hasilnya berupa sayur sehat non pestisida, program kedua pengolahan sampah ramah lingkungan ala KAMISAMA (Kawasan Minimasi Sampah Mandiri) dengan bantuan mesin sampah ramah lingkungan Stungta,” kata Eka Santosa.

Pada hari Rabu itu, Eka Santosa di Kanwil Kemenkumham Jabar membawa serta M Irfan Ketua DPD Gerakan Hejo yang menjelaskan cukup detil prospek, dan keunggulan bercocok tanam ala hidroponik yang sudah punya nama khusus Bandung Hydromarket (BHM), lainnya ia didampingi Betha Kurniawan Ketua Divisi Teknologi Gerakan Hejo ‘Hejo Tekno’. Betha Kurniawan seperti biasa, ia memperkenalkan konsep pengolahan sampah KAMISAMA, dan aplikasi incinerator StungtaXPindad yang ramah lingkungan atau smokeless.

“Kami mengapresiasi dua hal yang diperkenalkan Gerakan Hejo kali ini. Sangat tertarik untuk segera menerapkan hidroponik karena out put-nya berupa pemasaran dilakukan oleh pihak ketiga, ada keberlanlanjutan. Ini bermanfaat untuk warga binaan kami, maupun para pensiunan di lingkungan kami. Mengenai olah sampah memakai incinerator ‘Stungta’, juga sangat tertarik,” jelas Imam Suyudi yang hari itu didampingi jajarannya Ngadiono Basuki Kadiv Administrasi, Syaifurrohman Kabid Divisi Pemasyarakatan, serta Toni Sugiarto Kabag Program & Humas, dengan menambahkan –“Ke depannya, silahkan dua materi ini ditindaklanjuti melalui MoU dan PKS.”

Kepada redaksi M Irfan bersama rombongan Gerakan Hejo sempat berkeliling di kompleks Kantor Wilayah Kemenkumham Jabar diantar oleh Ngadiono Basuki, menyatakan optimis pelaksanaan program kemitraan ini akan berjalan dalam waktu dekat:

“Tadi kami sudah melihat-lihat dengan seksama di mana dan kapan screen house yang rata-rata hanya butuh lahan 6 X 3 M akan ditempatkan. Kalau untuk sepuluh screen house, Pak Basuki sudah setuju di lahan bekas lapangan tenis. Menurut saya, lokasi ini sangatlah memadai,” tutup M Irfan. [Harri Safiari]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

shares